Pratama, Rahardyto Cahya (2011) Manajemen Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan publik merupakan hak masyarakat, yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Hak tersebut merupakan hak konstitusi yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Dalam kenyataannya saat ini hak-hak tersebut belum sepenuhnya diperoleh oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan atas dasar berbagai kasus yang terjadi selama ini yang mengindikasikan bahwa pelayanan publik di Rumah Sakit milik pemerintah pada umumnya masih rendah. Dengan adanya berbagai kritik dan masukan dari masyarakat, maka dibutuhkan suatu perbaikan mengenai manajemen pelayanan dari para pegawai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan kesehatan pada Poli Komplementer RSU Dr. Saiful Anwar Malang. Penelitian ini juga diharapkan terjadinya peningkatan kualitas pelayanan publik pada Poli Komplementer Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar Malang. Manajemen pelayanan publik menjadi kajian dasar dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe peneltian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tidak berstruktur, observasi dan penggunaan dokumen-dokumen terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan kesehatan di Poli Komplementer RSU Dr. Saiful Anwar Malang telah berjalan sesuai dengan peraturan dan standar pelayanan yang telah ditetapkan guna memenuhi harapan pengguna jasa. Dengan penerapan standar pelayanan diharapkan ini kualitas pelayanan di Poli Komplementer RSU Dr. Saiful Anwar Malang dapat ditingkatkan. Walaupun rumah sakit telah dianggap memiliki pelayanan yang berkualitas tetap masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi seperti kesopanan pegawai dalam melayani dan kenyamanan, dimana hal tersebut seharusnya tetap mendapat perhatian sebagai penunjang pelayanan yang telah ada serta sebagai tombak adanya penilaian dari pengguna jasa tentang pelayanan yang diberikan kepada publik. Penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa Poli Komplementer RSU Dr. Saiful Anwar Malang telah menerapkan standar pelayanan secara konsisten. Selain itu pelayanan publik dan kesehatan yang diberikan oleh Poli Komplementer RSU Dr. Saiful Anwar Malang telah memenuhi syarat pelayanan berdasarkan Kepmenpan No. 63/KEP/M PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyedia Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2011/133/ 051100968 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Dec 2011 09:09 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 05:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114744 |
Preview |
Text
051100968-OK.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |