Analisis Fundamental Menggunakan Dividend Discounted Model untuk Menilai Harga Saham dalam Pengambilan Keputusan Investasi (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Perio

Achmad, Zakaria (2011) Analisis Fundamental Menggunakan Dividend Discounted Model untuk Menilai Harga Saham dalam Pengambilan Keputusan Investasi (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Perio. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandangan masyarakat yang menganggap investasi pada saham tidak ubahnya spekulasi semata yang hanya bergantung pada faktor keberuntungan menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Saham memang bersifat fluktuatif, karena pada dasarnya harga saham yang terjadi di pasar modal sama halnya dengan harga komoditi di pasar pada umumnya, dimana teori ekonomi juga berlaku disana. Melalui penelitian ini, keputusan investasi secara tepat bisa diambil melalui proses berpikir ilmiah, bukan berdasarkan spekulasi yang mengandalkan faktor keberuntungan ( luck ). Tujuan dari penelitian model ini adalah untuk mengetahui kinerja saham kelompok perbankan melalui tingkat pertumbuhan dividen, tingkat pengembalian dan harga intrinsik (harga teoritis) dari saham yang diteliti, kemudian membandingkan harga intrinsik tersebut dengan harga pasar aktual dan hasilnya dijadikan rujukan dalam pengambilan keputusan investasi pada saham. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian kuantitatif dengan format deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan dan meringkas berbagai kondisi dan situasi yang muncul sebagai objek penelitian berdasarkan apa yang terjadi. Penelitian dilakukan di pojok Bursa Efek Indonesia yang beralamat di Jl. Mayjend Haryono 165 Malang. Sampel yang digunakan adalah beberapa perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia setelah melalui penyaringan dengan metode purposive sampling . Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kinerja saham kelompok perbankan yang menjadi sampel dilihat dari pertumbuhan dividen dan tingkat pengembalian ( required rate of return ) secara keseluruhan mengalami fluktuasi. Penghitungan harga intrinsik tiga dari empat sampel menunjukkan overvalued dimana harga intrinsik lebih rendah atau kecil dibandingkan dengan harga pasar aktual (V < P), sehingga disarankan untuk segera dijual. Saham Bank Danamon adalah satu-satunya saham yang menunjukkan undervalued, dimana harga intrinsiknya lebih besar atau tinggi dibandingkan harga pasar aktual (V > P), sehingga direkomendasikan untuk dibeli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/130/ 051100965
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Dec 2011 11:17
Last Modified: 15 Dec 2011 11:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114741
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item