Penerapan Electronic Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pengembangan Website Untuk Layanan Informasi di Dinas Kominfo)

Ramadhan, MZainurrafiq (2011) Penerapan Electronic Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pengembangan Website Untuk Layanan Informasi di Dinas Kominfo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa yang dalam sektor pemerintahan lekat dengan istilah pelayanan publik. Hubungan antara pemerintah dengan teknologi informasi ini memunculkan konsep Elektro Service Delivery (ESD), yaitu melalui media elektronik dan digital pemerintah dapat menyediakan jasa pelayanan masyarakat (Rahardjo, 2001:7). ESD ini kemudian berkembang dan menjadi cikal bakal dari electronic government, yaitu pemerintah menggunakan teknologi informasi (internet) sebagai sarana utama yang menghubungkan dirinya dengan masyarakat umum, kalangan industri dan sektor publik lainnya. Salah satu pemerintah daerah yang telah berinisiatif menggunakan teknologi ini adalah Pemerintah Kota Malang. Dari pengembangan electronic government yang dilaksanakan. Adapun bentuk layanan dalam upaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas publik yang dilakukan Pemerintah Kota Malang yaitu Penyediaan informasi-informasi umum yang terdapat dalam Web, Penyediaan data mengenai hasil-hasil pembangunan dan data keuangan daerah sebagai bentuk transparansi, Penyediaan sarana komunikasi interaktif antara pemerintah daerah dengan masyarakat, Penyediaan sistem pelayanan perijinan online dan sistem penerimaan siswa baru online, sehingga tercipta pelayanan publik yang lebih efektif, efisien, transparansi dan akuntabel. Dari hasil penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini dapat digambarkan bahwa Electronic Government di Pemerintah Kota Malang tergolong baik dalam penerapannya. Hal itu ditandai dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan publik yang telah dilakukan secara bertahap sejak tahun 2004 melalui pengembangan infrastruktur berupa koneksi, network, komputer, laptop dan melakukan pengembangan SDM yang dimiliki. Pemerintah Kota Malang berupaya mewujudkan Malang Cyber City yang merupakan program pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) antar komunikasi pendidikan, pemerintahan dan industri di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/126/ 051100961
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Dec 2011 13:33
Last Modified: 15 Dec 2011 13:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114736
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item