ChandraAriesWibowo (2011) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Kartu Perdana Flexi di Outlet ERHAES RELOAD Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Era kondisi pasar yang kompetitif, loyalitas pelanggan adalah kunci kesuksesan. Oleh karena itu, agar dapat memenangkan persaingan akibat banyaknya poduk sejenis di pasar, setiap operator seluler harus meningkatkan bauran pemasaran yang telah ada sehingga dapat menciptakan kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan. Bauran pemasaran menjadi pertimbangan terhadap tindakan konsumen dalam membeli suatu produk. Hal ini lebih dikarenakan faktor produk, harga, promosi yang secara langsung dapat dirasakan atau diamati oleh konsumen akhir, dan saluran distribusi yang akan memberikan nilai positif terhadap produk dan harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Pada perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa terdapat elemen-elemen yang dapat dikontrol dan dikoordinasikan untuk keperluan komunikasi dan pemuasan konsumen jasa. Elemen-elemen bauran pemasaran tersebut yaitu meliputi: produk, harga, promosi, saluran distribusi, people, physical evidence dan process jasa itu sendiri (Tjiptono, 2005:30). Struktur bauran pemasaran akan bergantung pada sasaran pemasaran yang akan dicapai perusahaan, serta kebutuhan konsumen yang pada akhirnya dalam usaha untuk menciptakan kepuasan konsumen. Melalui bauran pemasaran yang kuat, maka pelanggan akan memiliki asumsi positif terhadap merek produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, saluran distribusi, people, physical evidence dan process berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan pembeli kartu perdana Flexi di outlet ERHAES Malang. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji F. Dari hasil analisis regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel-variabel bauran pemasaran jasa, yakni variabel Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Promosi (X 3 ), Saluran Distribusi (X 4 ), People (X 5 ), Physical Evidence (X 6 ), Process (X 7 ), mempunyai pengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel saluran distribusi dengan t hitung sebesar 2,678 dan koefisien regresi sebesar 0,206. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu hendaknya TelkomFlexi lebih meningkatkan kinerjanya dengan memehami perilaku konsumen dan lebih mempermudah konsumen dalam memperoleh produk dengan memperhatikan ketersediaan produk.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2011/12/051100472 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 22 Feb 2011 09:58 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 15:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114729 |
![]() |
Text
051100472.pdf Download (5MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (32kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (13kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |