Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Rangka Menunjang Pemberdayaan Masyarakat (Studi di Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur).

Irfani, FajrinRahmad (2011) Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Rangka Menunjang Pemberdayaan Masyarakat (Studi di Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasari atas peliknya masalah pemerataan pembangunan di pedesaan yang harus dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten. Pemerataan pembangunan di pedesaan harus di selaraskan dengan berbagai aspek yang dimiliki oleh masing-masing desa tersebut. Aspek-aspek tersebut meliputi Sumber daya alam, Sumber penghasilan sampai dengan kebutuhan Perangkat desa. Tujuan utama dari penulisan skripsi ini adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan program Alokasi Dana Desa (ADD) di desa Jombang dan perannya dalam pemberdayaan masyarakat. Rumusan masalahnya adalah bagaimana pengelolaan alokasi dana desa di desa jombang, peran alokasi dana desa dalam pemberdayaan masyarakat beserta kendala-kendalanya. Sedangkan fokusnya adalah pengelolaan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawabannya, yang kedua peran dari Program Alokasi Dana Desa dalam permberdayaan lingkungan, manusia dan ekonomi. Serta yang terakhir kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program Alokasi Dana Desa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan jenis penelitian ini didasari anggapan bahwasannya jenis penelitian inilah yang dianggap paling tepat untuk menjangkau, menjelaskan dan menggambarkan segala permasalahan dan data yang ada dengan lebih mendalam yang sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Alokasi Dana Desa, merupakan salah satu sumber utama pembiayaan desa, serta perannya begitu besar bagi pemberdayaan masyarakat di desa jombang. Meskipun dalam pencapaiannya, manfaat ADD lebih terasa hanya pada pemberdayaan manusia dan sedikit melalui pemberdayaan lingkungan tetapi kurang berperan dalam pemberdayaan ekonomi Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah semua pihak yang terkait, mulai dari pemerintah desa, LPMD hingga masyarakat terus meningkatkan peran sertanya sehingga esensi dari pemberdayaan masyarakat tercapai dan terjadi percepatan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga dapat mempercepat kesejahteraan masyarakat secara lebih merata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/113/ 051100809
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Dec 2011 10:15
Last Modified: 16 Dec 2011 10:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114722
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item