Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian” (Survai pada mahasiswa pelanggan Aqua yang mondok di RT 10 RW 6, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang),

Isromi, Rosyidah (2011) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian” (Survai pada mahasiswa pelanggan Aqua yang mondok di RT 10 RW 6, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Judul penelitian ini adalah "Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian" (Survai pada mahasiswa pelanggan Aqua yang mondok di RT 10 RW 6, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh signifikan secara simultan dan parsial dari variabel brand image yang terdiri dari Citra Pembuat, Citra Pemakai, dan Citra Produk terhadap Keputusan Pembelian, serta untuk mengetahui dan menjelaskan manakah diantara ketiga variabel Brand Image yang dominan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert . Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pelanggan Aqua yang mondok di RT 10 RW 6, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang dengan sampel sebanyak 87 responden dan menggunakan teknik simple random sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebarkan kuesioner di lokasi tersebut dan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi berganda, analisis regresi linear berganda, dan analisis regresi parsial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand Image terdiri dari variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), dan Citra Produk (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-samam terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y) sebagai hasil dari Uji F, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel (44,352 > 2,72 ) atau Sig F < 5% (0,000 < 0,05). Pengujian secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2) dan Citra Produk (X3) mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai t hitung variabel Citra Pembuat (X1) mempunyai nilai t hitung > t tabel (2,857 > 1,99) atau Sig t < 5% (0,005 < 0,05) , variabel Citra Pemakai (X2) mempunyai nilai t hitung > t tabel (3,371 > 1,99) atau Sig t < 5% (0,001 < 0,05 dan variabel Citra Produk (X3) mempunyai nilai t hitung > t tabel (4,163 > 1,99) atau Sig t < 5% (0,000 < 0,05). Melalui analisis regresi parsial diketahui bahwa variabel yang berpengaruh dominan atau memberikan pengaruh terbesar adalah variabel Citra Produk (X3) karena memiliki nilai beta tertinggi yaitu 0,410 dibandingkan dengan variabel lainnya, yaitu Citra Pembuat (X1) sebesar 0,224 dan Citra Pemakai (X2) sebesar 0,306.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/101/ 051100797
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Aug 2011 10:53
Last Modified: 02 Aug 2011 10:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114711
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item