Hadiyansyah, Doni (2018) Implementasi Penentuan Bobot Link Menggunakan Logika Fuzzy Untuk Pencarian Jalur Terpendek Pada Software Defined Networking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Software-Defined Networking (SDN) merupakan arsitektur yang dinamis, mudah dikelola, cost-efficient, dan mudah beradaptasi, sehingga ideal untuk sistem yang memiliki bandwidth tinggi. Salah satu contoh program yang dapat diimplementasikan pada SDN adalah routing. Routing adalah proses menentukan rute atau jalur yang diambil oleh paket dimana mereka mengalir dari pengirim ke penerima. Algoritme yang menghitung jalur ini disebut algoritme routing. Salah satu algoritme routing yang populer adalah algoritme Dijkstra. Protokol routing yang menggunakan algoritme Dijkstra adalah Open Shortest Path First (OSPF). Pada OSPF, bobot dari setiap link akan dikonfigurasi oleh administrator jaringan. Administrator dapat memilih untuk mengatur semua bobot link ke 1 (Static Cost Dijkstra), sehingga mencapai minimum-hop routing. Link dengan bobot paling sedikit atau hop terkecil akan dipilih tanpa mempertimbangkan adanya kepadatan lalu lintas jaringan pada link tersebut. Dengan menggunakan paradigma SDN, kecerdasan buatan dapat diimplementasikan pada suatu jaringan. Untuk itu penulis telah mengimplementasikan sistem penentuan bobot link menggunakan logika fuzzy untuk pencarian jalur terpendek dengan parameter yang digunakan yaitu berupa traffic dan delay. Hasil simulasi terhadap sistem adalah bahwa sistem telah mampu menentukan bobot link untuk pencarian jalur terpendek bedasarkan traffic dan delay. Berdasarkan hasil pengujian throughput, sistem ini memiliki throughput yang lebih unggul secara signifikan dibandingkan dengan algoritme Static Cost Dijkstra. Kemudian berdasarkan pengujian packet loss, sistem ini memiliki packet loss berkisar antara 0 - 5 % dibandingkan dengan algoritme Static Cost Dijkstra yang memiliki peningkatan packet loss yang signifikan disaat jumlah client lebih dari 39. Namun pada sistem ini memiliki convergence time yang lebih buruk dibandingkan dengan algoritme Static Cost Dijkstra.
English Abstract
Software-Defined Networking (SDN) is a dynamic architecture, manageable, cost-efficient, and easy to adapt, making it ideal for systems that have high bandwidth. One example of a program that can be implemented on SDN is routing. Routing is the process of determining a route or path taken by the packet where they flow from the sender to the receiver. The algorithm that calculates the path was called the routing algorithm. One of the popular routing algorithm is Dijkstra's algorithm. A routing protocol using Dijkstra's algorithm is an Open Shortest Path First (OSPF). In OSPF, the cost of each link will be configured by network administrator. The administrator can choose to set all costs to 1 (Static Cost Dijkstra), thus reaching the minimum-hop routing. The link with the least amount of cost or the smallest hop count will be chosen without considering the presence of network traffic and delay on that link. By using the paradigm of SDN, artificial intelligence can be implemented on a network. For that the authors have implemented a system of determining the weight of links using fuzzy logic for shortest path routing with the parameters used namely in the form of traffic and delay.The results of the simulation of the system is that the system has been able to determine the cost of links for shortest path routing based on traffic and delay. Based on the results of testing the throughput, these systems have greater throughput significantly superior compared to the Static Cost Dijkstra. Then based on testing packet loss, the packet loss of this system has ranged between 0-5%, compared with Static Cost Dijkstra algorithm that has increased packet loss significant when the number of clients more than 39. But on this system have the convergence time worse then the Static Cost Dijkstra algorithm.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/103/051801090 |
Uncontrolled Keywords: | SDN, Routing, Bobot Link, Traffic, Delay, Logika Fuzzy |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.6 Interfacing and communications > 004.62 Interfacing and communications protocols |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 07:20 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11471 |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (986kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VII.pdf Download (461kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (487kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (475kB) | Preview |
Preview |
Text
10. Lampiran.pdf Download (347kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (490kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (536kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |