Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian : Survei pada pengguna Sepeda Motor Honda pada Mahasiswa Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2006 /2007

BayuKurniady (2010) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian : Survei pada pengguna Sepeda Motor Honda pada Mahasiswa Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2006 /2007. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan dituntut untuk siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan perusahaan-perusahaan lain dari seluruh dunia untuk menghadapi globalisasi yang sering dikatakan era dunia tanpa batas. Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa variabel Citra Perusahaan, Citra Pemakai, dan Citra Produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan 3 variabel independen yaitu pengaruh Citra Perusahaan, Citra Pemakai, dan Citra Produk serta variabel dependen keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2006/2007 yang menggunakan sepeda motor Honda dengan sampel yang diambil sebanyak 51 orang responden dengan menggunakan teknik sample simple random sampling. Metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Kuantitatif dengan menggunakan alat pengumpulan data kuesioner yang dibagikan kepada responden. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa F hitung (30,351) > F tabel (2,8) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa Citra Perusahaan (X1), Citra Pemakai (X2), maupun Citra Produk (X3) sepeda motor Honda secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil pengujian statistik, dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai thitung untuk Citra Perusahaan (X1) yaitu sebesar 2,381 , Citra Pemakai (X2) sebesar 2,271 dan nilai thitung untuk Citra Produk (X3) yaitu sebesar 2,586 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai ttabel yaitu sebesar 2,014. Hal ini menunjukkan bahwa baik Citra Perusahaan (X1), Citra Pemakai (X2), maupun Citra Produk (X3) secara parsial mempunyai pengaruh berarti terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan perhitungan dapat diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,638 berarti besarnya pengaruh semua variabel independen yaitu Citra Perusahaan (X1), Citra Pemakai (X2), maupun Citra Produk (X3) terhadap perubahan variabel dependen atau keputusan pembelian (Y) sebesar 63,8% sedangkan sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini , misal harga, pelayanan dan promosi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/9/051000328
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2010 11:04
Last Modified: 21 Oct 2021 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114700
[thumbnail of 051000328.pdf]
Preview
Text
051000328.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item