Upaya Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar (studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang)

AnggaArdiansyah (2010) Upaya Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar (studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Akibat dari fenomena ini antara lain munculnya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, diantaranya bidang pendidikan. Untuk menghadapi tantangan berat ini dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, salah satu cara yang ditempuh adalah melalui peningkatan kualitas pendidikan. Judul penelitian ini terkandung maksud bagaimana upaya pemerintah daerah dalam meningkatan kualitas pendidikan dasar di Kabupaten Jombang serta menyikapi pokok permasalahan yang mengarah pada kualitas pendidikan dasar di Kabupaten Jombang. Tujuan yang diharapkan adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui sejauh mana upaya pemerintah daerah dalam meningkatan kualitas pendidikan dasar di Kabupaten Jombang serta untuk mendeskripsikan dan mengetahui kualitas pendidikan dasar di Kabupaten Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif tentang upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar untuk dapat diambil kesimpulan yang dapat digeneralisasikan. Penelitian ini terdiri dari dua fokus yaitu upaya pemerintah daerah dalam meningkatan kualitas pendidikan dasar dan kualitas pendidikan dasar di Kabupaten Jombang. Sedangkan analisa yang dapat dipakai dengan menggunakan model interaktif diantara kegiatan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan / verifikasi secara berkelanjutan. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa upaya pemerintah daerah dalam meningkatan kualitas pendidikan dasar diantaranya Penyediaan fasilitas fisik dan media pendidikan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang masih dalam proses pemerataan. Disamping itu Penyempurnaan kurikulum menjadi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) telah diterapkan disetiap satuan pendidikan. Peningkatan kemampuan profesional pendidik dan tenaga kependidikan dengan mengadakan Diklat, Uji kompetensi guru dan melalui kelompok kerja guru. Peningkatan Kesejahteraan guru melalui sertifikasi guru profesional harus memiliki gelar sarjana terlebih dahulu. Satuan pendidikan sudah memiliki visi dan misi, akan tetapi belum optimal dan secara keseluruhan dalam mensosialisasikannya kepada masyarakat. Pelaksanaan standar pendidikan nasional di tingkat satuan pendidikan sudah terlaksana dengan baik akan tetapi masih terdapat sedikit kekurangan di beberapa aspek saja yang mana pelaksanaannya masih dalam proses. Dalam penelitian ini penulis menyarankan agar Dinas Pendidikan diharapkan dapat menyediakan fasilitas dan media pendidikan yang baik, perbaikan kurikulum, peningkatan profesionalisme pendidik yang diiringi dengan peningkatan kesejahteraannya serta melakukan pengawasan terhadap satuan pendidikan guna tercapainya pendidikan yang berkualitas. Selain itu juga, di tingkat satuan pendidikan hendaknya melaksanakan dan memenuhi ketentuan pemerintah yang dituangkan dalam Standar Pendidikan Nasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/88/051000587
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Mar 2010 11:05
Last Modified: 21 Oct 2021 15:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114698
[thumbnail of 051000587.pdf]
Preview
Text
051000587.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item