Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM Mandiri Perkotaan) (Studi di Kelurahan Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang).

AndhinaWardhani (2010) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM Mandiri Perkotaan) (Studi di Kelurahan Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegagalan pembangunan untuk mengentaskan kemiskinan pada dasarnya karena pembangunan yang dilaksanakan kurang memperhatikan partisipasi masyarakat, dimana masyarakat hanya dijadikan obyek pembangunan bukan sebagai subyek pembangunan. Oleh karena itulah muncul sebuah konsep pemberdayaan dalam penanganan masalah kemiskinan dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM Mandiri Perkotaan) merupakan salah satu Program Pemberdayaan Masyarakat dalam rangka memberdayakan ekonomi masyarakat miskin perkotaan. Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui PNPM Mandiri Perkotaan, dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui PNPM Mandiri Perkotaan beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan melakukan observasi serta mencari dokumen-dokumen yang terkait. Fokus penelitian ini adalah: pertama, proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang meliputi tahap sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi; kedua, dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui PNPM Mandiri Perkotaan meliputi pengembangan usaha, peningkatan pendapatan serta kurangnya pembinaan pasca proyek; ketiga, faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui PNPM Mandiri Perkotaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Jombang telah dilalui mulai dari tahap sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan tahap pengawasan dan evaluasi, dan dapat dikatakan berhasil karena dilaksanakan sesuai prinsip dan aturan yang ada. Disamping itu, PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Jombang juga sekaligus sebagai media pembelajaran kepada masyarakat untuk menanggulangi masalah kemiskinan secara mandiri dan berkelanjutan. Dari pengembangan usaha masyarakat sampai peningkatan pendapatan dengan adanya PNPM Mandiri Perkotaan, meskipun dampak negatif dari program ini adalah kurangnya pembinaan pasca program. Partisipasi aktif dari pelaku-pelaku PNPM Mandiri Perkotaan ditingkat kelurahan serta partisipasi dari masyarakat dalam seluruh proses kegiatan sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Jombang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/65/051000425
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Mar 2010 16:19
Last Modified: 21 Oct 2021 14:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114674
[thumbnail of 051000425.pdf]
Preview
Text
051000425.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item