Komputerisasi Sistem Penerimaan Pasien pada Sistem Informasi Administrasi Rumah Sakit (Studi Kasus Rumah Sakit Refa Husada kota Malang.

Rizkaesa, Meutia (2010) Komputerisasi Sistem Penerimaan Pasien pada Sistem Informasi Administrasi Rumah Sakit (Studi Kasus Rumah Sakit Refa Husada kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah sakit Refa Husada Malang merupakan salah satu rumah sakit yang memiliki prospek pengembangan bisnis yang cukup bagus. Namun salah satu kendala yang dihadapi oleh rumah sakit Refa Husada Malang adalah lambatnya pelayanan terhadap pasien yang datang. Hal ini diakibatkan oleh sistem penerimaan pasien masih menggunakan proses manual, akibatnya dipperlukan waktu yang cukup lama untuk menangani data pasien yang masuk. Berdasarkan hal tersebut di atas, masalah yang ditentukan adalah bagaimana analisis sistem penerimaan pasien dan bagaimana desain sistem sistem informasi penerimaan pasien pada sistem informasi administrasi rumah sakit Refa Husada Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem penerimaan pasien pada sistem informasi administrasi rumah sakit Refa Husada Malang. Penelitian ini mengambil lokasi di Rumah Sakit Refa Husada Malang. Jenis penellitia yanga digunakan adalah penelitian kaji tindak ( Action Research ) pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah sistem informasi administrasi rumah sakit Refa Husada Malang dan sistem penerimaan pasien Rumah Sakit Refa Husada Malang. Metode pengumpulan data meliputi observasi , wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini hanya melakukan komputerisasi di Sistem Informasi Penerimaan Pasien. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat beberapa masalah dari analisis sistem penerimaan pasien yaitu inefisiensi proses manual, data redundan, petugas kesulitan untuk melacak data pasien, dan lemahnya pengawasan manajemen, sehingga disarankan untuk melakukan desain sistem informasi sistem penerimaan pasien. Desain sistem informasi mempunyai 6 data master, 2 data transaksi, 6 laporan master, dan 2 laporan transaksi. Dampak dari adanya sistem informasi penerimaan pasien yaitu terjadi penyederhanaan proses pelayanan terhadap data pasien, mengurangi data redundant, memudahkan petugas untuk melacak data pasien, dan membuat pelaporan rumah sakit terutama untuk data pasien. Penelitian ini hanya dilakukan pada bagian sistem penerimaan pasien saja, dengan asumsi bahwa penundaan pelayanan pasien masuk dikarenakan keterlambatan dalam menangani volume data pasien masuk. Kesimpulan serta saran dari penelitian ini adalah sistem penerimaan pasien pada rumah sakit Refa Husada Malang yang menggunakan proses manual berdampak pada lambatnya penanganan terhadap data pasien masuk sehingga disarankan untuk melakuka desain sistem informasi penerimaan pasien yeng terhubung dengan rekam medis melalui LAN ( Local Area Network ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/516/051003562
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jan 2011 10:13
Last Modified: 21 Oct 2021 14:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114662
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_(Autosaved).pdf]
Preview
Text
BAB_II_(Autosaved).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_(Repaired).pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_(Repaired).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item