Rizkaesa, Meutia (2010) Komputerisasi Sistem Penerimaan Pasien pada Sistem Informasi Administrasi Rumah Sakit (Studi Kasus Rumah Sakit Refa Husada kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Rumah sakit Refa Husada Malang merupakan salah satu rumah sakit yang memiliki prospek pengembangan bisnis yang cukup bagus. Namun salah satu kendala yang dihadapi oleh rumah sakit Refa Husada Malang adalah lambatnya pelayanan terhadap pasien yang datang. Hal ini diakibatkan oleh sistem penerimaan pasien masih menggunakan proses manual, akibatnya dipperlukan waktu yang cukup lama untuk menangani data pasien yang masuk. Berdasarkan hal tersebut di atas, masalah yang ditentukan adalah bagaimana analisis sistem penerimaan pasien dan bagaimana desain sistem sistem informasi penerimaan pasien pada sistem informasi administrasi rumah sakit Refa Husada Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem penerimaan pasien pada sistem informasi administrasi rumah sakit Refa Husada Malang. Penelitian ini mengambil lokasi di Rumah Sakit Refa Husada Malang. Jenis penellitia yanga digunakan adalah penelitian kaji tindak ( Action Research ) pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah sistem informasi administrasi rumah sakit Refa Husada Malang dan sistem penerimaan pasien Rumah Sakit Refa Husada Malang. Metode pengumpulan data meliputi observasi , wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini hanya melakukan komputerisasi di Sistem Informasi Penerimaan Pasien. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat beberapa masalah dari analisis sistem penerimaan pasien yaitu inefisiensi proses manual, data redundan, petugas kesulitan untuk melacak data pasien, dan lemahnya pengawasan manajemen, sehingga disarankan untuk melakukan desain sistem informasi sistem penerimaan pasien. Desain sistem informasi mempunyai 6 data master, 2 data transaksi, 6 laporan master, dan 2 laporan transaksi. Dampak dari adanya sistem informasi penerimaan pasien yaitu terjadi penyederhanaan proses pelayanan terhadap data pasien, mengurangi data redundant, memudahkan petugas untuk melacak data pasien, dan membuat pelaporan rumah sakit terutama untuk data pasien. Penelitian ini hanya dilakukan pada bagian sistem penerimaan pasien saja, dengan asumsi bahwa penundaan pelayanan pasien masuk dikarenakan keterlambatan dalam menangani volume data pasien masuk. Kesimpulan serta saran dari penelitian ini adalah sistem penerimaan pasien pada rumah sakit Refa Husada Malang yang menggunakan proses manual berdampak pada lambatnya penanganan terhadap data pasien masuk sehingga disarankan untuk melakuka desain sistem informasi penerimaan pasien yeng terhubung dengan rekam medis melalui LAN ( Local Area Network ).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/516/051003562 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 Jan 2011 10:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 14:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114662 |
Preview |
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_TABEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II_(Autosaved).pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_(Repaired).pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |