Pembangunan Kapasitas Kelembagaan Kelurahan Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Kependudukan di Kelurahan Blitar Kecamatan Sokorejo Kota Blitar).

Widianto, DanangPrasetyo (2011) Pembangunan Kapasitas Kelembagaan Kelurahan Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Kependudukan di Kelurahan Blitar Kecamatan Sokorejo Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejalan dengan cepatnya perkembangan kehidupan masyarakat mengakibatkan semakin meningkat pula kompleksitas permasalahan tututan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan adanya pembangunan kapasitas kelembagaan kelurahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kesemuanya itu untuk mewujudkan aparat kelurahan yang profesional dan menguasai di bidangnya. Kesemuanya itu di proyeksikan kepada terlaksananya pelayanan publik yang baik. Dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, hendaknya pemerintah kelurahan dapat menunjukkan sikap dan perilaku profesional, dalam rangka mewujudkan prestasi dan kinerja birdkrasi serta profesionalisme. Dalam praktek sehari-hari pelayanan publik pemerintah kelurahan masih menjadi sorotan kurang positif dari banyak, terutama dari masyarakat sendiri sebagai penerima jasa pelayanan. Adapun faktor penyebab timbulnya pelayanan yang belum maksimal ini adalah kualitas sumber daya manusia yang masih rendah, yang belum efektif dan evisien. Terbatasnya kemampuan aparatur pelaksana untuk mengadaptasi diri dengan perkembangan teknologi yang ada. Oleh karena itu pelaksanaan pembangunan kapasitas kelembagaan dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat adalah merupakan salah satu alternatif yang paling tepat dan mendesak dan perlu untuk segera dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembangunan kapasitas kelembagaan kelurahan dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyrakat, bagaimana pelayanan publik kelurahan Blitar, dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pembangunan kapasitas kelembagaan kelurahan yang didapat kelurahan Blitar. Fokus penelitian ini adalah Upaya pembangunan kapasitas kelembagaan yang dilakukan Kelurahan Blitar dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pelayanan publik di Kelurahan Blitar, dan faktor pendukung dan penghambat Kelurahan Blitar dalam melakukan pembangunan kapasitas kelembagaan Kelurahan. Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu analisis yang tidak menggunakan perhitungan-perhitungan yang bersifat statistik. Kemudian menggunakan pendekatan yang logis, akurat dan tentang keadaan yang sebenarnya juga menarik kesimpulan sehingga diperoleh penyelesaian masalah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwapembangunan kapasitas kelembagaan keluraha yang dilakukan oleh Kelurahan Blitar kepada masyarakat sudah berjalan cukup baik. Dilihat dari faktor kepemimpinan kelurahan Blitar mempunyai seorang pemimpin yang kreatif, disiplin dan luwes, terlihat dari program-program yang telah dibuatnya seperti pembuatan buku kecil, viii memberikan pelatihan komputer bagi pegawainya. Dari segi kedisplinan lurah Blitar tdk segan-segan memberikan teguran kepada pegawainya yang melakukan pelanggaran. Program-program yang dijalankan di kelurahan blitar sangatlah beragam seperti rapat mingguan yang dilakukan untuk mentranformasikan informasi dan mengkoordinasikan semuakegiatan kasi di kelurahan. Program yang lain seperti pemenuhan kelengkapan fasilitas yang dimiliki agar pelayanan kepada masyarakat terus dapat ditingkatkan. Hendaknya Kelurahan Blitar terus berupaya mambangun kapasitas kelembagaan yang dimiliki agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang mana masyarakat adalah pengguna jasa kelurahan, serta dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang ada. Peran kepemimpina dalam memberikan semangat kerja kepada pegawainya sangat dibutuhkan agar dapat meningkatkan loyalitas kerja pegawai yang nantinya secara otomatis dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Berbagai faktor yang menjadi penghambat sebisa mungkin harus dicarikan solusinya, sedangkan faktor yang menjadi pendukung harus selalu di tingkatkan. Peningkatan pelayanan kepada masyarakat perlu dipertahankan dan di tingkatkan demi tercapainya kepuasan pelanggan yaitu kepuasan masyarakat, melalui pemabangunan kapasitas kelembagaan kelurahan diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta upaya menciptakan efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/500/ 051101741
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Aug 2011 09:14
Last Modified: 18 Aug 2011 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114655
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item