AstiWidaWulandari (2009) Analisis Pengaruh Iklan terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pelajar SMA Negeri 3 Magetan yang Melihat Iklan Kartu Selular XL Versi “XL ramadan rame, lebih murah meriah” di Televisi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Iklan sebagai salah satu elemen promosi merupakan suatu strategi yang umum dipakai oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya dengan cara mengenalkan produk dan memperkuat posisinya di tengah persaingan bisnis kartu selular yang semakin mengglobal. Bagi sebagian perusahaan, iklan melalui media elektronik (televisi) menjadi alternative pilihan yang menarik, di samping jangkauannya luas, juga adanya hiburan sangat mendukung pembentukan persepsi serta menimbulkan ketertarikan konsumen dalam melakukan pembelian terhadap suatu produk. Media televisi merupakan sebuah media yang menggunakan warna, suara, gerakan, dan musik, oleh karena itu sebuah biro iklan yang ditunjuk oleh suatu perusahaan harus benar–benar memperhatikan isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan yang akan digunakan dalam pembuatan sebuah iklan di televisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh iklan di televisi terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun parsial, dan diantara variabel iklan yakni isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan, variabel manakah yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan di televisi terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun parsial dan untuk mengetahui variabel iklan yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori ini dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk menjelaskan pengaruh Variabel Bebas, terdiri atas : Isi pesan (X 1 ), Struktur pesan (X 2 ), Format pesan (X 3 ), Sumber pesan (X 4 ) dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikatnya.Pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling, sebanyak 51 orang pelajar SMA Negeri 3 Magetan yang menggunakan kartu selular XL. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif yang berisi distribusi item dari masing-masing variabel, uji regresi linier berganda yang digunakan untuk menganalisis dan menghitung besarnya pengaruh secara keseluruhan variabel bebas dan terikat dan regresi parsial untuk mengetahui variabel bebas yang paling berpengaruh. Dari hasil analisis data yang diperoleh dengan bantuan komputer spss 11 didapat bahwa hasil regresi linear berganda Y = -4,319 + 0,279X 1 + 0,250X 2 + 0,253X 3 + 0,277X 4, dengan nilai R Square sebesar 0,792 mempunyai arti bahwa variabel isi pesan (X 1 ), struktur pesan (X 2 ), format pesan (X 3 ), dan sumber pesan (X 4 ) secara bersama–sama memberikan pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian produk XL (Y) sebesar 79,2% sedangkan sisanya 20,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar empat variabel bebas yang diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan nilai t hitung atau koefisien beta yang terbesar, maka dapat disimpulkan bahwa variabel yang dominan adalah variabel Isi Pesan (X 1 ) dengan t hitung 3,348 sebesar yang lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,015 dan koefisien beta sebesar 0,279 dengan probabilitas terkecil sebesar 0,002 (p < 0,05).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/467/051000792 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 17 Mar 2010 12:21 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 14:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114611 |
Preview |
Text
051000792.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |