Evaluasi Sistem Pemungutan Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C di Kabupaten Lumajang : Studi Kasus pada Dinas Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Lumajang.

MariaKikiAmelia (2010) Evaluasi Sistem Pemungutan Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C di Kabupaten Lumajang : Studi Kasus pada Dinas Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemungutan pajak pengambilan bahan galian golongan c kepada wajib pajak oleh Dinas Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Lumajang memerlukan suatu sistem akuntansi agar dapat menyampaikan informasi yang tepat dan cepat pada pihak yang membutuhkan. Sedangkan agar sistem akuntansi tersebut dapat berjalan dengan baik, diperlukan adanya pengendalian intern yang baik pula. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemungutan pajak pengambilan bahan galian golongan c yang telah diterapkan. Setelah sistem tersebut dievaluasi berdasarkan unsur-unsur pengendalian intern maka hasilnya diharapkan dapat memberi alternatif sistem pemungutan pajak pengambilan bahan galian golongan c yang lebih optimal. Pengevaluasian atas sistem pemungutan pajak tersebut dilakukan berdasarkan lima unsur pengendalian intern yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan mengambil Lokasi penelitian pada Dinas Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Lumajang. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi. Hasil dari evaluasi terhadap sistem pemungutan pajak pengambilan bahan galian golongan c berdasarkan unsur-unsur pengendalian intern diperoleh kekurangan diantaranya kualitas SDM yang belum memadai, prosedur pendaftaran, pendataan dan penetapan yang seluruhnya ditangani oleh seksi penetapan. Dengan kata lain berdasarkan evalusi yang dilakukan, masih terdapat unsur-unsur pengendalian intern dalam sistem pemungutan pajak pengambilan bahan galian golongan c yang masih belum terpenuhi. Dari hasil evaluasi sistem pemungutan pajak pengambilan bahan galian golongan c berdasarkan unsur-unsur pengendalian intern yang telah dilakukan, diharapkan Dinas Pengelola Keuangan Kabupaten Lumajang lebih meningkatkan pengendalian intern yang dijalankan diantaranya melalui pembinaan secara rutin terhadap pegawai yang menjadi pelaksana pemungutan pajak, dan membentuk Seksi Pendaftaran dan Pendataan, agar dalam prosedur pendaftaran, pendataan dan penetapan tidak dilakukan seluruhnya oleh Seksi Penetapan. Dengan kata lain, pengendalian intern yang baik dilakukan untuk meminimalkan kesalahan yang mungkin dilakukan, meminimalkan terjadinya penyelewengan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang akan merugikan keuangan pemerintah daerah, dengan demikian penerimaan daerah khususnya pajak pengambilan bahan galian golongan c dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/459/051100146
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Feb 2011 11:53
Last Modified: 21 Oct 2021 13:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114603
[thumbnail of 051100146.pdf]
Preview
Text
051100146.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item