AndhinaMaharani (2010) Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian : Survey pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis dan Administrasi Publik Angkatan 2006/2007 dan 2007/2008 Pengguna Handphone Sony Ericson Pro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian mempunyai peranan penting dalam pembelian konsumen sehingga berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran perusahaan, karena pada dasarnya konsumen merupakan individu yang dalam mengambil keputusan pembelian lebih banyak dipengaruhi oleh dirinya dan bagaimanapun ia mempercayai dirinya sendiri daripada segala sesuatu yang ada di luar dirinya. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menentukan atau menyusun komponen faktor psikologis dari perilaku konsumen terhadap Proses Keputusan Pembelian, mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor psikologis dari perilaku konsumen yang meliputi Motivasi, Persepsi, Proses Belajar serta Kepercayaan dan Sikap secara simultan dan parsial terhadap Proses Keputusan Pembelian. Penelitian dilakukan pada sebagian dari mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis dan Administrasi Publik Program S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2006/2007 dan 2007/2008 Universitas Brawijaya yang memakai handphone merek Sony Ericsson, dengan sampel sebanyak 102 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis faktor dan regresi berganda. Hasil penelitian dengan analisis faktor terbentuk dua faktor yaitu: Faktor Proses Belajar dan Faktor Sikap. Hasil pengujian regresi linier berganda, diketahui bahwa secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan dengan Proses Keputusan Pembelian. Komunikasi merupakan salah satu hal yang mutlak dilakukan oleh setiap manusia. Salah satu alat komunikasi adalah handphone. Sony Ericsson merupakan salah satu produk handphone yang saat ini banyak diminati oleh konsumen. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, proses belajar, sikap. Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor-faktor apa yang menentukan atau menyusun komponen faktor psikologis dari perilaku konsumen terhadap Proses Keputusan Pembelian, mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor psikologis dari perilaku konsumen yang meliputi Motivasi, Persepsi, Proses Belajar serta Kepercayaan dan Sikap secara simultan dan parsial terhadap Proses Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory. Sampel yang didapat menurut perhitungan rumus machin adalah sebanyak 102. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis faktor dapat terbentuk dua faktor yaitu: faktor Proses Belajar, yang terdiri dari motif rasional, perhatian konsumen terhadap stimulus yang masuk, dan pengalaman. Kontribusi varian dari faktor ini adalah sebesar 37,578% dengan eigen value 2,255 dan faktor Sikap dengan kontribusi varian dari faktor ini adalah sebesar 18,898% dengan eigen value 1,139. Hasil pengujian regresi linier berganda, dengan uji F diketahui bahwa Faktor Proses Belajar dan Faktor Sikap secara bersama-sama berpengaruh signifikan dengan variabel Proses Keputusan Pembelian dengan nilai Fhitung sebesar 104,626 sehingga keputusan terhadap H0 ditolak, yang artinya bahwa variabel X1, X2 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Adjusted R Square sebesar 0,672 menunjukkan besarnya pengaruh dari variabel-variabel faktor Psikologis (Motivasi, Persepsi, Proses Belajar, Kepercayaan dan Sikap) sebesar 67,2% sedangkan sisanya 32,8% ditentukan oleh variabel lain di luar faktor yang diteliti. Hasil pengujian regresi parsial, diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial dari variabel Faktor Proses Belajar (X1) dan Faktor Sikap (X2) terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y) handphone merek Sony Ericsson. Dibuktikan hasil uji t menunjukkan bahwa semua variabel memiliki t hitung dengan probabilitas 0,000 atau signifikan t < 5% (0,000< 0,05).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/415/051003548 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jan 2011 14:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114559 |
Preview |
Text
051003548.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |