Analisis Perencanaan Pajak (Tax Planning) Sebagai Salah Satu Upaya Penghematan Pajak Penghasilan (PPh) Badan : Studi pada PT. Temprina Media Grafika (Jawa Pos Group.

IkeChrisdiarPusvita (2010) Analisis Perencanaan Pajak (Tax Planning) Sebagai Salah Satu Upaya Penghematan Pajak Penghasilan (PPh) Badan : Studi pada PT. Temprina Media Grafika (Jawa Pos Group. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan merupakan salah satu penopang ekonomi dalam suatu negara. Dimana pajak yang dibayarkan oleh setiap perusahaan memiliki pengaruh yang besar dalam membiayai pengeluaran negara, membangun sebuah negara dan mengayomi seluruh warganya. Akan tetapi dilihat dari sisi lain Pajak merupakan biaya bagi perusahaan, untuk itu meminimumkan biaya pajak adalah salah satu fungsi manajemen keuangan. Dari fenomena inilah maka perusahaan dalam hal ini manajemen keuangannya, berusaha agar dapat melakukan penghematan atau pengurangan pajak secara lawful (masih tetap dalam bingkai ketentuan perpajakan). Perusahaan dapat melakukan berbagai cara untuk meminimumkan beban pajaknya. Usaha meminimumkan beban pajak dimana tetap dalam konteks mematuhi ketentuan perpajakan adalah perencanaan pajak (tax planning) . Strategi yang digunakan dalam perencanaan pajak pada penelitian ini adalah memanfaatkan dengan sebaik-baiknya perubahan terhadap biaya-biaya yang ada dalam perusahaan dari non deductible expense menjadi deductible expense. Dengan begitu perencanaan pajak yang akan dilakukan perusahaan akan terasa lebih maksimal dan menyebabkan pajak yang dibayarkan perusahaan menjadi lebih kecil. Hal ini tentu saja dilakukan tanpa melanggar Undang-Undang Perpajakan yang ada di Indonesia, sehingga hasil dari perencanaan pajak ini tidak akan merugikan bagi kedua belah pihak, yaitu bagi perusahaan maupun bagi pemerintah. Sehubungan dengan permasalahan yang peneliti angkat, maka dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian studi kasus bertujuan mempelajari secara mendalam latar belakang, status terakhir dan interaksi lingkungan yang terjadi pada satu satuan sosial seperti individu, kelompok, lembaga, atau komunitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pajak yang telah dilakukan oleh PT. Temprina Media Grafika (Jawa Pos Group) belum maksimal. Hal ini dapat terlihat dengan besarnya jumlah pembayaran pajak penghasilan sebelum adanya perencanaan pajak yang belum maksimal pada tahun 2009, yaitu sebesar Rp. 12.053.310.937,90. Namun setelah dilakukan perencanaan pajak perusahaan hanya perlu membayar Rp. 10.393.225.950,80. Dapat disimpulkan dengan adanya perencanaan pajak ini PT. Temprina Media Grafika (Jawa Pos Goup) dapat memperoleh penghematan pajak sebesar Rp. 1.660.084.987,10.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/414/051003547
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2011 11:45
Last Modified: 21 Oct 2021 08:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114558
[thumbnail of 051003547.pdf]
Preview
Text
051003547.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item