Upaya Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Dalam Pengembangan Wilayah Di Kabupaten Malang (Studi Tentang Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Kawasan Selatan Kabupaten Malang).

MuhammadAriefR (2009) Upaya Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Dalam Pengembangan Wilayah Di Kabupaten Malang (Studi Tentang Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Kawasan Selatan Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan infrastruktur merupakan bagian dari agenda ketiga RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) yaitu agenda kesejahteraan rakyat yang harus dilaksanakan secara berkesinambungan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan umum. Sebagai bagian integral dari pembangunan nasional, pembangunan infrastruktur di daerah diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan fasilitas pelayanan umum, baik secara kuantitas maupun kualitas, sehingga ketersediaannya yang memadai dapat meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Kabupaten Malang adalah daerah terluas di Propinsi Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi. Serta kaya akan berbagai potensi seperti pariwisata, pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan dan lain-lain, yang sangat potensial sehingga diperlukannya akses poin prasarana fisik sebagai penunjang pembangunan dan perkembangan daerah. Oleh karena itu dilaksanakannya pengembangan wilayah di kawasan selatan Kabupaten Malang sebagai upaya pemerintah daerah untuk menunjang akses poin yang berfungsi untuk membuka jalur transportasi atau sebagai land access . Pengembangan wilayah pada kawasan selatan Kabupaten Malang digerakkan karena adanya ketimpangan permasalahan pembangunan antara bagian utara Kabupaten Malang dengan bagian selatan Kabupaten Malang. Dimana pada bagian utara Kabupaten Malang, pembangunan-pembangunan infrastruktur lebih condong ke bagian utara Kabupaten Malang. Seiring dengan berjalannya pembangunan di bagian utara Kabupaten Malang. Dalam perspektif jangka panjang, suatu pengembangan wilayah pada wilayah selatan di Kabupaten Malang harus menjadi suatu upaya untuk menumbuhkan perekonomian wilayah dan lokal ( local economic development ), sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri. Dalam hal ini sangat diharapkan peran pemerintah daerah serta organisasi-organisasi masyarakat setempat dapat menumbuhkan kegiatan usaha dan lapangan kerja dengan memobilisasi sumber daya manusia, alam dan kelembagaan secara lokal. Sehingga wilayah selatan Kabupaten Malang pembangunannya bisa seimbang dengan bagian wilayah lain di Kabupaten Malang. Dalam rangka pengembangan wilayah yang meliputi potensi ekonomi dan sosial budaya di wilayah Malang Selatan dibutuhkan prasarana penghubung yang cukup memadai. Untuk mengatasi problema di atas Pemerintah Kabupaten Malang melimpahkan kewenangan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Malang untuk melaksanakan pengembangan wilayah guna mendukung pembangunan infrastruktur jalan di kawasan selatan Kabupaten Malang yang sering juga disebut dengan Jalan Lintas Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/41/051000268
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Feb 2010 15:30
Last Modified: 21 Oct 2021 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114553
[thumbnail of 051000268.pdf]
Preview
Text
051000268.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item