Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Keputusan Pembelian : Survai pada Pengunjung Malang Plaza yang menggunakan Handphone merek Blackberry.

AinurTriWahyuni (2010) Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Keputusan Pembelian : Survai pada Pengunjung Malang Plaza yang menggunakan Handphone merek Blackberry. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin meningkat kebutuhan manusia untuk berkomunikasi dengan handphone membuat perusahaan telepon seluler semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan features baru untuk menarik calon konsumen. Citra ( image ) yang positif akan menjadi kekuatan bagi brand yang digunakan produk tersebut, sehingga hal tersebut dapat menambah keyakinan bagi konsumen untuk melakukan keputusan pembeliaan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh yang signifikan secara bersama-sama maupun secara parsial dari komponen brand image yang terdiri dari variabel citra perusahaan/X 1, citra pemakai/X 2 , citra produk / X 3 terhadap keputusan pembelian Handphone merek Blackberry . Jenis penelitian ini adalah explanatory research . Sampel berjumlah 84 orang pengunjung Malang Plaza yang menggunakan handphone merek Blackberry . Metode pengumpulan data kuisioner. Analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan pengujian secara simultan dan pengujian secara parsial. Hasil teknik analisis regresi linier berganda, dapat diketahui bahwa ketiga variabel bebas citra perusahaan/X 1 , citra konsumen/X 2 , citra produk/X 3 mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Konsumen dalam membeli handphone merek Blackberry . Hal ini ditunjukkan dengan F hitung sebesar 28,429 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga H o1 ditolak. Besarnya kontribusi dari ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli handphone merek Blackberry adalah sebesar 49,8% sedangkan sisanya sebesar 50,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengujian secara parsial ketiga variabel komponen brand image yang meliputi citra perusahaan/X 1 , citra konsumen/X 2 , citra produk/X 3 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli handphone merek Blackberry . Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas tiap-tiap variabel bebas yang mempunyai nilai t hitung di bawah 0,05 (α 5%) dengan nilai koefisien regresi citra produk (βX 3 ) sebesar 0,279 lebih besar dibanding koefisien regresi variabel citra perusahaan/X 1 sebesar 0,222 dan variabel citra konsumen/X 2 sebesar 0,207. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa variabel citra produk berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. perusahaan diharapkan dapat menciptakan citra produk melalui peningkatan kualitas produk handphone merek Blackberry dan menjaga desain produk, jaminan produk serta atribut produk yang terkait untuk mempertahankan kualitas handphone Blackberry tersebut, untuk menyakinkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/375/051002972
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Nov 2010 13:15
Last Modified: 21 Oct 2021 08:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114518
[thumbnail of 051002972.pdf]
Preview
Text
051002972.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item