Pengaruh Relationship Marketing Dalam Mewujudkan Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah : Survai pada Nasabah PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Pembantu Dinoyo Malang

AyuRetnoAsih (2010) Pengaruh Relationship Marketing Dalam Mewujudkan Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah : Survai pada Nasabah PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Pembantu Dinoyo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan perekonomian global seperti saat ini, membuat persaingan dalam dunia usaha semakin ketat sehingga persaingan menjadi sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan harus dihadapi oleh pelaku bisnis. Hal tersebut masih ditambah dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dalam mendorong dunia bisnis menjadi pendukung bangkitnya penjualan dan pemasaran sehingga menyebabkan semakin ketatnya tingkat persaingan. Strategi Relationship Marketing merupakan suatu cara agar perusahaan dapat membina hubungan dengan pelanggan sehingga akhirnya perusahaan akan memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing dalam mewujudkan Kepuasan dan dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan penelitian explanatory, penelitian ini menggunakan empat variabel bebas yaitu Komitmen, Komunikasi, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan. Penelitian dilakukan pada PT Bank Central Asia, Tbk Cabang Pembantu Dinoyo Malang dengan sampel adalah para nasabah PT Bank Central Asia, Tbk Cabang Dinoyo Malang sebanyak 75 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling . Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan kuesioner dan data tersebut diukur dengan menggunakan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis path . Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah variabel Komitmen, Komunikasi, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh secara simultan dan parsial terhadap variabel Kepuasan maupun Loyalitas Nasabah. Keempat variabel tersebut mempengaruhi Kepuasan secara simultan sebesar 93,9%, hal ini dapat dilihat melalui nilai R 2 sebesar 0,939 dengan F signifikan 0,000 yang berarti keempat variabel tersebut mempengaruhi Kepuasan dengan signifikan. Keempat variabel dan Kepuasan juga mempengaruhi Loyalitas Nasabah sebesar 95,9%, hal ini dapat dilihat melalui nilai R2 sebesar 0,959 dengan F signifikansi sebesar 0,000 yang berarti keempat variabel dan Kepuasan mempengaruhi secara signifikan. Perhitungan analisis path menunjukkan bahwa variabel Komitmen memiliki pengaruh lebih besar terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan dibandingkan variabel lain. Hal ini dapat diketahui dari nilai koefisien path sebesar 0,353.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/369/051002966
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2010 13:46
Last Modified: 21 Oct 2021 08:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114511
[thumbnail of 051002966.pdf]
Preview
Text
051002966.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item