Analisis Pengaruh Beberapa Faktor Fundamental Internal terhadap Harga Saham : Studi pada saham LQ-45 yang listing di BEI periode tahun 2005-2009

HerdianaAyuRenggani (2010) Analisis Pengaruh Beberapa Faktor Fundamental Internal terhadap Harga Saham : Studi pada saham LQ-45 yang listing di BEI periode tahun 2005-2009. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Laporan keuangan merupakan media komunikasi yang digunakan oleh perusahaan. Pemberian laporan keuangan secara rutin oleh perusahaan go public diartikan masing-masing perusahaan yang go public telah ikut partisipasi atau berupaya menjaga kestabilan maupun meningkatkan harga saham yang telah dijualnya. Harga saham diartikan sebagai harga pasar (market value), yaitu harga yang berlaku dalam pasar pada saat tertentu. Penilaian (valuation) biasanya mengacu pada estimasi nilai intrinsik sebuah perusahaan atau sahamnya. Dalam menilai suatu saham dapat digunakan dua metode analisis, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. Masalah utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah beberapa faktor fundamental internal berupa DER, ROE, NPM, OPM, EPS dan PER secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan faktor fundamental internal manakah diantara DER, ROE, NPM, OPM, EPS dan PER yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap harga saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh beberapa faktor fundamental internal berupa DER, ROE, NPM, OPM, EPS dan PER secara simultan dan parsial terhadap harga saham serta untuk menjelaskan pengaruh faktor fundamental internal yang paling dominan diantara beberapa faktor fundamental internal berupa DER, ROE, NPM, OPM, EPS dan PER terhadap harga saham. Skripsi ini termasuk dalam jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil SPSS 16 diketahui bahwa DER, ROE, NPM, OPM, EPS dan PER secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham, dan hanya variabel PER yang tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap harga saham. Diketahui pula bahwa variabel NPM adalah variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap harga saham. Disarankan kepada para investor untuk memperhatikan kelima variabel tersebut, terutama variabel NPM karena NPM merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan variabel PER meskipun secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham juga harus tetap diperhatikan dan dijadikan pertimbangan dalam membuat keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/362/051002870
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2010 13:57
Last Modified: 21 Oct 2021 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114504
[thumbnail of 051002870.pdf]
Preview
Text
051002870.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item