Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Guna Menilai Prestasi Manajer Produksi (Studi Kasus pada PR. Karya Putra Perkasa)

PalupiNurshintani (2010) Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Guna Menilai Prestasi Manajer Produksi (Studi Kasus pada PR. Karya Putra Perkasa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia usaha saat ini sangat pesat, sehingga mengakibatkan persaingan usaha yang ketat. Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat memanajemen organisasinya dan juga harus dapat mengambil keputusan dengan baik dan bijaksana. Dalam hal ini pengambilan keputusan dilakukan oleh direktur atas pertimbangan yang diberikan dari manajemen. Pengambilan keputusan memerlukan banyak informasi perusahaan dari segala sisi, termasuk dari sisi keuangan. Untuk mempermudah direksi dalam mengambil keputusan, salah satu cara yang digunakan adalah dengan akuntansi pertanggungjawaban. Dalam akuntansi pertanggungjawaban, perusahaan memisahkan wewenang menjadi pusat pertanggungjawaban yang dikepalai oleh seorang manajer yang nantinya akan memberikan laporan pertanggungjawaban kepada direksi atas departemen atau pusat pertanggungjawaban yang dibawahinya. Dengan demikian terbentuknya pusat-pusat pertanggungjawaban yang efektif dalam perusahaan dapat menjadi sistem yang terbaik dalam mengatasi permasalahan yang timbul dan secara tidak langsung memberikan motivasi bagi manajer. Perusahaan Rokok Karya Putra Perkasa adalah perusahaan yang tergolong baru didirikan. Akan tetapi dalam manajemennya, PR. Karya Putra Perkasa telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban agar mempermudah direksi untuk mengontorol perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban dan penilaian prestasi manajer pada PR. Karya Putra Perkasa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan studi kasus. Pada umumnya penelitian jenis ini merupakan penelitian non-hipotesis, sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu melakukan hipotesa. Adapun fokus penelitian pada laporan penelitian ini adalah Akuntansi Pertanggungjawaban dan Penilaian Prestasi Manajer. Lokasi penelitian adalah PR. Karya Putra Perkasa yang beralamat di Desa Getas, Kecamatan. Tanjunganom, Kabupaten. Nganjuk. Penelitian pada skripsi ini akan menggunakan dua macam data yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data yang relevan, mempelajari dan menganalisis struktur organisasi perusahaan, mempelajari dan menganalisis anggaran biaya produksi, mempelajari dan menganalisis klasifikasi biaya dengan kode rekening, mempelajari dan menganalisis mekanisme dan bentuk pelaporan biaya produksi kepada manajer yang bertanggungjawab, mempelajari dan menganalisis varians.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/352/051002860
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2010 15:22
Last Modified: 21 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114493
[thumbnail of 051002860.pdf]
Preview
Text
051002860.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item