Pengaruh Komunikasi Dalam Organisasi Terhadap Semangat Kerja : Studi Kasus Pada Karyawan PT. Bakrie Telecom, Tbk Area Surabaya

AstitoanggaPurnaMasyayu (2010) Pengaruh Komunikasi Dalam Organisasi Terhadap Semangat Kerja : Studi Kasus Pada Karyawan PT. Bakrie Telecom, Tbk Area Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Bakrie Telecom, Tbk merupakan perusahaan telekomunikasi yang mampu memberikan layanan komunikasi yang baik, berkembang serta memiliki manajemen dan sumber daya manusia yang bertanggung jawab dengan dedikasi, integritas, profesionalisme yang tinggi dari masing-masing personil. Guna mendukung hal tersebut maka PT. Bakrie Telecom, Tbk sangat memperhatikan aspirasi karyawan melalui komunikasi kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : (1) Untuk mengetahui gambaran Komunikasi Formal dan Komunikasi Informal dalam organisasi serta Semangat Kerja Karyawan pada PT. Bakrie Telecom, Tbk Area Surabaya, (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan variabel independen Komunikasi Formal (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Semangat Kerja Karyawan (Y) pada PT. Bakrie Telecom, Tbk. Area Surabaya, (3) Untuk mengetahui dan menjelaskan variabel independen Komunikasi Informal (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Semangat Kerja Karyawan (Y) pada PT. Bakrie Telecom, Tbk Area Surabaya. Teknik pengumpulan data yang pokok adalah penyebaran kuesioner untuk mengetahui persepsi karyawan dan didukung dengan data yang diperoleh dari dokumentasi dan wawancara. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan PT. Bakrie Telecom, Tbk Area Surabaya sejumlah 109 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan sampel sebanyak 52 orang. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif bertujuan untuk menggambarkan keadaan Komunikasi Dalam Organisasi dan analisis regresi linier berganda dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel terikat terhadap variabel bebas dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05 yang diolah menggunakan bantuan program SPSS 11.5 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Secara simultan variabel dari Komunikasi Dalam Organisasi berpengaruh secara siginifikan terhadap Semangat Kerja Karyawan, (2) Secara parsial, dapat disimpulkan bahwa variabel dari Komunikasi Dalam Organisasi (X) yang berpengaruh terhadap Semangat Kerja Karyawan adalah variabel Komunikasi Formal (X1), dan Komunikasi Informal (X2). Dari kedua variabel bebas yang berpengaruh signifikan terhadap Semangat Kerja Karyawan (Y), variabel Komunikasi Formal (X1) adalah variabel dominan atau yang paling berpengaruh dalam mempengaruhi Semangat Kerja Karyawan (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi variabel Komunikasi Formal (X1) yang lebih tinggi dibandingkan dengan variabel Komunikasi Informal (X2).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/339/051002848
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.306 Job analysis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2010 09:54
Last Modified: 21 Oct 2021 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114478
[thumbnail of 051002848.pdf]
Preview
Text
051002848.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item