Analisis Faktor Pembentuk Persepsi Konsumen Terhadap Citra Perusahaan (Survei pada masyarakat sekitar PTP N VII UU Demre yang Menggunakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang merupakan Ta

IreneSherlyYovancaPanggabean (2010) Analisis Faktor Pembentuk Persepsi Konsumen Terhadap Citra Perusahaan (Survei pada masyarakat sekitar PTP N VII UU Demre yang Menggunakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang merupakan Ta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk persepsi konsumen terhadap pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan ( corporate social responsibility ). 2) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor persepsi konsumen tersebut terhadap citra perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatory (Explanatory Research) dengan tiga variabel bebas yaitu Perhatian (X 1 ) pemahaman (X 2 ), dan Ingatan (X 3 ) serta variabel terikat yaiu citra (Y 1 ). Adapun bentuk pengamatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah berbentuk survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Masyarakat sekitar PTP N VII UU Demre yang menggunakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), dengan jumlah populasi 75 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah penelitian populasi, karena jumlah populasi di bawah 100 sehingga keseluruhan populasi dijadikan sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor eksplonatory, analisis regresi berganda dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor Perhatian, Faktor Ingatan, Faktor Pemahaman, secara bersama-sama berpengaruh signifikan dengan variabel Citra Perusahaan dengan nilai F hitung sebesar 8.529 dengan tingkat signifikansi 0,000 (P<0,05). Dari hasil analisis regresi parsial dapat diketahui bahwa variabel Kelompok Perhatian, variabel Ingatan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Citra Perusahaan. Besar pengaruh dari masing variabel adalah variabel Perhatian sebesar 2.297 dengan probabilitas 0.025, variabel Ingatan sebesar 2.404 dengan probabilitas 0,019, serta variabel Pemamahan sebesar 0,756 dengan probabilitas 0.452 . Variabel Ingatan merupakan variabel yang dominan dengan nilai beta 0,300. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap citra perusahaan adalah variabel ingatan (X 2 ). Oleh karena itu disarankan kepada pihak PTP N VII UU Demre untuk terus menerus berusaha meningkatkan keunggulan kompetitif dalam memberikan informasi mengenai Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/335/051002844
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Nov 2010 13:02
Last Modified: 21 Oct 2021 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114474
[thumbnail of 051002844.pdf]
Preview
Text
051002844.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item