Diferensiasi Layanan Sebagai Salah Satu Strategi Mempertahankan Pasar (Studi Pada PT. Astra Internasional Tbk, AUTO2000 Malang-Sutoyo).

DewiAnggunMariana (2010) Diferensiasi Layanan Sebagai Salah Satu Strategi Mempertahankan Pasar (Studi Pada PT. Astra Internasional Tbk, AUTO2000 Malang-Sutoyo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesatnya pertumbuhan ekonomi dunia serta pesatnya perkembangan teknologi informasi dalam mendukung dunia bisnis saat ini menyebabakan semakin ketatnya tingkat persaingan dalam industri sejenis. Perusahaan yang tidak mampu mendefinisikan dan memberikan apa yang dibutuhkan konsumen sudah pasti akan tersingkir dari persaingan bisnis. Mencermati kondisi yang demikian mendorong perusahaan untuk memiliki strategi perusahaan yang baik. Strategi yang dapat memberikan dukungan kompetitif agar perusahaan dapat tetap survive dalam persaingan. Indikator dari keunggulan kompetitif salah satunya adalah dengan adanya diferensiasi. Dalam strategi diferensiasi, perusahaan berusaha menjadi unik dalam industrinya yang secara umum dihargai oleh konsumen. Hal pokok yang mendasari strategi diferensiasi adalah tersedianya pelayanan yang menurut konsumen maupun pelanggan bersifar unik dan berbeda dengan perusahaan-perusahaan lain yang sejenis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan diferensiasi layanan yang dilakukan perusahaan dalam upaya mempertahankan pasar dan mendeskripsikan dampak diferensiasi layanan dalam upaya mempertahankan pasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematik, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Sedangkan pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Rangkuti (1997:32) mengemukakan bahwa dalam riset kualitatif bagian yang terpenting adalah perumusan kategori-kategori. Kategori-kategori adalah konsep yang dapat dipakai untuk memperbandingkan data. Dengan kata lain, sebuah kategori adalah suatu konsep yang dapat dipergunakan untuk menegaskan persamaan dan perbedaan dari apa saja yang akan diperbandingkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa AUTO2000 Malang-Sutoyo berusaha menerapkan diferensiasi layanan melalui penawaran pelayanan yang memberikan manfaat lebih bagi calon pelanggan maupun pelanggan lama. Bentuk dari diferensiasi layanan pada AUTO2000 Malang-Sutoyo diwujudkan melalui empat langkah diferensiasi yang unggul yaitu: Understanding Customer Needs, Value Proposition Unggul, People Skill, dan Great Recivery Plan. AUTO2000 Malang-Sutoyo tidak hanya berfokus pada diferensasi layanan dalam internal perusahaan, namun juga berfokus pada diferensiasi terhadap pesaing yang ada melalui keunggulan layanan purna jual baik dalam hal ketersediaan suku cadang maupun kelengkapan layanan bengkel. Penjualan Toyota melalui AUTO2000 selama kurun waktu 2007, 2008 dan 2009 memiliki jumlah terbanyak dibandingkan pesaing yang ada. Penjualan AUTO2000 selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan mengungguli pesaing lainnya. Pangsa pasar dari Toyota juga selalu mendapatkan porsi terbesar daripada pesaing lainnya. Dalam strategi diferensiasi, perusahaan berusaha untuk menampilkan beberapa kekhasan yang dirasakan pelanggan sebagai suatu keunikkan. AUTO2000 Malang-Sutoyo berusaha memberikan pelayanan yang unik kepada pelanggan melalui kemudahan-kemudahan yang ditawarkan perusahaan, kelengkapan layanan servis kendaraan, dan juga penciptaan hubungan baik dengan pelanggan. Adanya penambahan layanan seperti booking servis, dan express maintenance semakin memberikan nilai positif dari pelanggan kepada pihak AUTO2000 Malang-Sutoyo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/327/051003376
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Nov 2010 13:26
Last Modified: 21 Oct 2021 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114466
[thumbnail of 1_JUDUL.pdf]
Preview
Text
1_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
3_TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_TANDA_PENGESAHAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
4_TANDA_PENGESAHAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_RINGKASAN&KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
6_RINGKASAN&KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7_DAFTAR_ISI,_TABEL,_GAMBAR_&_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7_DAFTAR_ISI,_TABEL,_GAMBAR_&_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8_bab_I,II,III.pdf]
Preview
Text
8_bab_I,II,III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9_BAB_IV_refisi.pdf]
Preview
Text
9_BAB_IV_refisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10_BAB_V.pdf]
Preview
Text
10_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12_Lampiran.pdf]
Preview
Text
12_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item