Analisis dan Desain Sistem Informasi Daftar Tunggu Pemrosesan Pelanggan Baru (Studi pada PT. PLN Persero UPJ Lawang- Malang )

RobbyDwiIndraK (2010) Analisis dan Desain Sistem Informasi Daftar Tunggu Pemrosesan Pelanggan Baru (Studi pada PT. PLN Persero UPJ Lawang- Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan mengingat pentingnya peranan sebuah sistem informasi manajemen bagi suatu perusahaan dalam meningkatkan visi dan misi sebagai perusahaan yang baik. Salah satu bagian yang terpenting dalam perusahaan adalah implementasi sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen yang baik akan lebih menunjang kinerja baik perusahaan maupun para karyawan dalam perusahaan itu sendiri. Perusahaan menyadari bahwa perusahaan dalam mejalankan seluruh proses bisnis dan menjadi produsen listrik. Dalam menjalankan seluruh proses bisnis perusahaan selain dengan pelayanan yang baik perlu ditunjang dengan sistem informasi yang memadai, tepat, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan desain sistem informasi PT. PLN (Persero) UPJ Lawang-Malang. Seluruh proses bisnis perusahaan ditunjang dengan implementasi sistem informasi manajemen. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa PT. PLN (Persero) UPJ Lawang-Malang melakukan implementasi sistem informasi manajemen berbasis teknologi komputer seperti sistem informasi akuntansi, sistem informasi geografis, sistem informasi CMS, dan sistem informasi teknik. Sistem informasi manajemen yang terdapat dalam perusahaan membantu proses bisnis perusahaan. Dalam implementasi sistem informasi manajemen perusahaan yang berhubungan dengan pendaftaran pelanggan ternyata juga ditemukan beberapa masalah yang mungkin bisa menghambat jalannya sebuah sistem. Ada beberapa masalah dalam implementasi sistem informasi manajemen pelanggan. Masalah dalam implementasi sistem informasi manajemen terdapat pada peggunaan software yang digunakan perusahaan. Perusahaan membutuhkan suatu software yang handal dalam perusahaan (terutama yang berada dilapangan), yang sesuai dengan kebutuhan user dalam memenuhi kebutuhan proses bisnis perusahaan. Sistem Informasi Daftar Tunggu Pemrosesan Pelanggan Baru bertujuan membantu user dalam mengelola calon pelanggan hingga menjadi pelanggan. Dalam implementasi desain penelitian ini bertujuan untuk merampingkan desain daftar tunggu pelayanan pelanggan pada PT. PLN (Persero) UPJ Lawang-Malang sehingga lebih tepat guna, dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/26/051000345
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Feb 2010 11:10
Last Modified: 21 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114444
[thumbnail of 051000345.pdf]
Preview
Text
051000345.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item