Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah : survei Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Malang

HendraAdiPrasetya (2010) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah : survei Pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi relationship marketing ini merupakan kunci untuk membangun hubungan jangka panjang antara perusahan dengan pelanggan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabelvariabel relationship marketing, yang terdiri dari keuntungan bersama (X1), komitmen (X2), kebenaran (X3) dan komunikasi (X4) secara simultan dan parsial terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini mengambil lokasi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Malang yang beralamatkan kantor di Jl. Kawi No 20-22 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan jumlah sampel sebesar 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Dalam menganalisis dan menghitung besarnya pengaruh secara simultan dan parsial dari variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan program SPSS for Windows ver. 11.5 pengujian dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% atau tingkat signifikan α = 5%. Berdasarkan dari analisis regresi linier berganda diketahui bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 atau lebih kecil dari α = 5%. Sedangkan nilai R Square menunjukkan nilai sebesar 77,4% dan Adjusted R Square adalah 76,4%. Nilai signifikan variabel keuntungan bersama (X1) adalah 0,017 atau lebih kecil dari α = 5% dengan t hitung 2,431 dan koefisien regresi sebesar 0,204. Nilai signifikan variabel komitmen (X2) adalah 0,040 lebih kecil dari α = 5% dengan t hitung 2,083 dan koefisien regresi sebesar 0,132. Nilai signifikan variabel kebenaran (X3) adalah 0,029 atau lebih kecil dari α 5% dengan t hitung 2,221 dan koefisien regresi sebesar 0,163. Nilai signifikan untuk variabel komunikasi (X4) adalah 0,036 atau lebih kecil dari α = 5% dengan t hitung 2,129 dan koefisien regresi sebesar 0,114. Dari nilai t hitung dan koefisien regresi diketahui bahwa variabel keuntungan bersama (X1) dominan karena memiliki t hitung dan koefisien regresi paling besar dibanding variabel bebas yang lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan antara variabel keuntungan bersama (X1), komitmen (X2), kebenaran (X3) serta komunikasi (X4) terhadap variabel loyalitas nasabah (Y) serta diketahui bahwa variabel keuntungan bersama (X1) dominan dibanding variabel lainnya sehingga diharapkan pihak PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Malang untuk terus menjaga dan meningkatkan keuntungan bersama dengan cara memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam menggunakan dan memanfaatkan fasilitas perbankan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/14/051000333
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2010 14:42
Last Modified: 21 Oct 2021 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114432
[thumbnail of 051000333.pdf]
Preview
Text
051000333.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item