Strategi Peningkatan Pelayanan Publik pada kereta api Gajayana Jurusan Malang-Jakarta ( Studi Pada PT. KERETA API (Persero) Kota Malang)

DonnaHannoBerthaRoderica (2010) Strategi Peningkatan Pelayanan Publik pada kereta api Gajayana Jurusan Malang-Jakarta ( Studi Pada PT. KERETA API (Persero) Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu jenis transportasi yang relative dominant adalah kereta api dimana mempunyai beberapa keunggulan antara lain dapat mengangkut dalam jumlah banyak, mampu menempuh jarak yang jauh, jadwal perjalanan dalam frekuensi tinggi dapat dilaksanakan, jarang terjadi kongesti, dan dapat memberikan pelayanan yang relative lebih baik dibanding bus (Nasution, 1992: 64). Transportasi kereta api diselenggarakan oleh PT. Kereta Api (Persero). Salah satu strateginya adalah PT. KA, peluncuran Kereta Api Gajayana merupakan salah satu strategi untuk meraih penumpang dengan mencoba memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Penelitian ini berusaha mengetahui bagaimanakah strategi yang dilakukan oleh PT. KA (Persero) dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pengguna khususnya pengguna kereta api Gajayana, kendala-kendala yang dihadapi kemudian faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mewujudkan strategi tersebut. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah konsep mengenai BUMN, beserta jenis dan ciri-cirinya, pengertian pelayanan dan pengertian pelayanan publik beserta prinsipnya , kualitas pelayanan publik, strategi peningkatan kualitas pelayanan, gambaran umum mengenai perusahaan kereta api. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, dengan fokus strategi peningkatan kualitas pelayanan pada KA Gajayana yang meliputi peningkatan kinerja SDM, peningkatan sarana dan prasarana dan penataan lingkungan, fokus kedua adalah mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam mewujudkan strategi tersebut, dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melaksanakan strategi tersebut. Lokasi penelitian dilakukan pada kantor PT. Kereta Api kota Malang, dengan situs penelitian pada Seksi Pelayanan, Seksi Sarana dan Stasiun Kota Malang. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari Seksi Pelayanan dan karyawan PT. KA kota Malang serta para pengguna jasa kereta api,terutama pengguna jasa kereta api Gajayana., dan data sekunder yang diperoleh dari artikel, majalah, arsip, buku, dan website yang berkaitan dengan keperluan peneliti. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan selain peneliti sendiri juga dibantu oleh interview guide dan alat tulis menulis. Sedangkan analisa data dilakukan dengan mengumpulkan dan memilah data, kemudian disederhanakan sesuai fokus penelitian, kemudian dianalisis dan dinterprestasikan sehingga dapat diambil kesimpulan. Dari penelitian ini diketahui bahwa strategi yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Kota Malang sudah cukup baik, dimana strategi yang ditetapkan meliputi aspek intern dan ekstern perusahaan, yaitu dengan memberikan diklat dan motvasi pada pegawainya, peningkatan dan perbaikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, memperhatikan lingkungan yang mempengaruhi kenyamanan dan keamanan para pengguna KA. Dari penelitian ini diketahui ada beberapa kendala

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/106/051000732
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Mar 2010 10:28
Last Modified: 21 Oct 2021 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114425
[thumbnail of 051000732.pdf]
Preview
Text
051000732.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item