Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Karakteristik Individu terhadap Kepuasan Kerja Karyawan : Studi pada Karyawan Bagian Paramedis RSI Madinah Kec Kasembon-Kab Malang

ElvaEndriana (2010) Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Karakteristik Individu terhadap Kepuasan Kerja Karyawan : Studi pada Karyawan Bagian Paramedis RSI Madinah Kec Kasembon-Kab Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul "Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Karakteristik Individu terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Paramedis RSI Madinah Kec Kasembon-Kab Malang) ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel lingkungan kerja fisik, dan karakteristik individu terhadap kepuasan kerja karyawan bagian medis RSI Madinah Kec Kasembon-Kab Malang). Latar belakang dari penelitian ini melihat bahwa dalam menghadapi persaingan di bidang kesehatan, pihak rumah sakit harus memperhatikan lingkungan kerja fisik dan mampu memahami karakteristik individu karyawan. Sumber daya manusia sangat penting dibandingkan unsur produksi lainnya, karena itu peranan manusia sangat penting dalam kemajuan perusahaan, dan merupakan kunci utama keberhasilan dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Lingkungan Kerja Fisik meliputi ruangan dan fasilitas yang biasa digunakan oleh manusia, serta kondisi lingkungan kerja yang keduanya banyak mempengaruhi tingkah laku manusia. Lingkungan kerja fisik yang terjaga dengan baik dan adanya rasa saling memahami karakteristik individu maka akan terciptalah suatu kepuasan kerja bagi karyawan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian medis RSI Madinah Kec Kasembon-Kab Malang, dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik pengambilan sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan memperhatikan asumsi klasik. Dalam menganalisis digunakan program SPSS versi 15.00 for windows . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel lingkungan kerja fisik (X 1) dan karakteristik individu (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda secara parsial lingkungan kerja fisik lebih dominan, sehingga lingkungan kerja fisik meningkat maka semakin meningkat pula kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada pihak rumah sakit untuk lebih memperhatikan dan memahami karakteristik individu dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Diharapkan dengan memahami dan memperhatikan karakteristik individu akan tercipta suatu kepuasan kerja pada karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/051003335
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2010 14:00
Last Modified: 21 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114417
[thumbnail of 051003335.pdf]
Preview
Text
051003335.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item