Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pemilik Notebook yang Berada di Cinemax Hall Sawojajar Kota Malang)

Rudiansari (2009) Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pemilik Notebook yang Berada di Cinemax Hall Sawojajar Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Positifnya pertumbuhan pasar notebook membuat produsen berlomba-lomba meluncurkan produk terbaru. Akibatnya, pasar kebanjiran notebook berbagai merek mulai yang paling murah sampai termahal. Semakin ketatnya persaingan menuntut perusahaan untuk tidak hanya tanggap pada peluang-peluang yang menguntungkan saja tetapi juga harus mengetahui dan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan pasar dan konsumen. Setiap perusahaan berusaha untuk memahami perilaku konsumen pada pasar sasaran untuk kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Salah satu strategi pemasaran yang bisa dioptimalkan dalam menghadapi konsumen adalah strategi produk, yaitu atribut produk. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan besarnya pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun secara parsial serta untuk mengetahui pengaruh variabel pada atribut produk yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik linier time function . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 orang responden yaitu pemilik Notebook yang berada di Cinemax Hall Sawojajar kota Malang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, korelasi berganda, regresi linier berganda, dan regresi parsial dengan bantuan software SPSS version 13 sebagai software pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak ( simultan ) variabel bebas dalam konsep Atribut Produk yang meliputi Merek, Harga, Mutu, Label, Garansi dan Spesifikasi mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat Proses Keputusan Pembelian, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 9,711 dan nilai probabilitas sebesar 0,000. Hal ini berarti bahwa atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Harga menjadi variabel atribut produk yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini : kepada produsen untuk tetap memperhatikan nilai dan kualitas dari varibel-variabel Atribut produk agar dapat lebih menarik minat konsumen untuk membeli produk notebook . Produsen notebook disarankan agar lebih bijak dalam menentukan harga. Dengan adanya penelitian ini perlu dikaji lebih lanjut mengenai Atribut Produk yang sesuai dengan harapan konsumen karena kebutuhan dan selera konsumen akan selalu berubah, mengikuti perkembangan yang ada. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan acuan dan perbandingan dalam melakukan penelitian serupa di masa yang akan datang, khususnya tentang atribut produk dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/95/050900871
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Mar 2009 10:45
Last Modified: 21 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114412
[thumbnail of 050900871.pdf]
Preview
Text
050900871.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item