Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pendidikan Luar Sekolah (Studi tentang Program Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Anak Jalanan dan Prasejahtera pada Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang

ZahraFebiani, (2009) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pendidikan Luar Sekolah (Studi tentang Program Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Anak Jalanan dan Prasejahtera pada Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya memberdayakan dan membangun potensi pendidikan belum dapat mencapai pemerataan karena masih banyaknya pengangguran dan kemiskinan sehingga sebagian anggota masyarakat, khususnya anak-anak jalanan dan anakanak dari keluarga prasejahtera tidak dapat menempuh ataupun menyelesaikan pendidikan formal. Hal ini menyebabkan kehadiran dan perkembangan program pendidikan luar sekolah sebagai alternatif menjadi penting dan cukup mendukung dalam upaya penanggulangan ketertinggalan pendidikan. Di Kota Malang, upaya pemberdayaan anak jalanan dan prasejahtera melalui program pendidikan luar sekolah menjadi tanggung jawab salah satu lembaga pendidikan, yaitu Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang. Oleh karena tuntutan peranannya tersebut, maka, SKB Kota Malang yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kota Malang, Dinas Pendidikan Kota Malang, Universitas Negeri Malang, Wahana Pengembangan Usaha dan LSM harus mampu melakukan segenap daya dan upaya serta menyediakan segenap sumber daya yang dapat mendukung keberhasilan dalam pemberdayaan anak jalanan dan prasejahtera di Kota Malang. Namun, upaya ini tidak terlepas dari pengawasan dan peran serta anggota masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, hasil pelaksanaan serta pengembangan program Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Anak Jalanan dan Prasejahtera pada Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang. Metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: jenis penelitiannya, yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Focus penelitiannya terbagi menjadi 3, yaitu: pertama; pelaksanaan program Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Anak Jalanan dan Prasejahtera yang meliputi pihakpihak yang terlibat, rincian kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan, biaya pelaksanaan dan sarana/prasarana, kedua; hasil pelaksanaan program Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Anak Jalanan dan Prasejahtera yang meliputi dampak dari pelaksanaan program, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program, serta ketiga; pengembangan program Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Anak Jalanan dan Prasejahtera yang meliputi peluang dan tantangan dalam pengembangan. Lokasi penelitiannya, yaitu SKB Kota Malang, jalan Laksda Adi Sucipto Gang Makam No. 30 Kalisari, Blimbing, Malang dan situs penelitiannya adalah Unit Teknik Kejuruan dan Unit Teknik Mesin, Elektro dan Bangunan yang merupakan unit kerja dari SKB Kota Malang yang secara khusus berperan dalam pelaksanaan program Keterampilan Anak Jalanan dan Prasejahtera. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini, yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya, yaitu peneliti, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Tahap analisis data dalam penelitian ini, meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pendidikan dan pelatihan keterampilan anak jalanan dan prasejahtera ini diikuti oleh 119 orang peserta Diklat, yang terdiri dari 60 orang peserta Diklat tingkat dasar dengan pembagian 23 orang jurusan otomotif sepeda motor, 10 orang jurusan otomotif mobil, 6 orang jurusan elektro dan komputer, 10 orang jurusan kriya kayu, 6 orang jurusan tata busana dan 5 orang jurusan tata boga, serta 59 orang peserta Diklat tingkat lanjutan, dengan pembagian 23 orang jurusan otomotif sepeda motor, 10 orang jurusan otomotif mobil, 7 orang jurusan elektro dan komputer, 9 orang jurusan kriya kayu, 4 orang jurusan tata busana dan 6 orang jurusan tata boga. Perserta Diklat terdiri dari 101 orang laki-laki dan 18 orang perempuan dengan usia antara 14-28 tahun dengan tingkat pendidikan SD sebanyak 26 orang, DO SD sebanyak 2 orang, SLTP sebanyak 51 orang, DO SLTP sebanyak 9 orang, SLTA sebanyak 3 orang, DO SLTA sebanyak 1 orang, MI sebanyak 3 orang, MTs sebanyak 4 orang, SMK sebanyak 9 orang dan Paket B sebanyak 2 orang. Masing-masing peserta Diklat didistribusikan ke 3 tempat Diklat yang berbeda, yaitu SKB Kota Malang, UM dan WPU sesuai dengan ketersediaan Nara Sumber Teknis serta sarana dan prasarana pembelajaran. Waktu pembelajarannya setiap hari Senin-Sabtu yang dibagi lagi menjadi jam pagi yang dimulai pada pukul 08.00-11.30 dan jam siang yang dimulai pada pukul 12.30-16.30. Kegiatan pembelajarannya terdiri dari pembelajaran teoritik dan praktik yang disertai dengan kegiatan magang dan belajar usaha pada akhir kegiatan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian, pembahasan dan penarikan kesimpulan yang telah dilakukan, peneliti memberikan saran-saran, antara lain: diperlukan pengawasan berkelanjutan terhadap keberadaan dan kegiatan/pekerjaan yang dilakukan alumni Diklat keterampilan dan alumni diharapkan memberi laporan tentang kegiatan/pekerjaan mereka agar komunikasi tetap terjaga, diperlukan penanganan berkelanjutan, razia rutin dan/atau pemberian sanksi yang tegas oleh Satpol PP dan Polisi Wilayah setempat ke daerah-daerah atau tempat-tempat yang menjadi pusat kegiatan anak jalanan dan prasejahtera sebagai upaya pencegahan jangka pendek dan memberdayakan anak jalanan dan prasejahtera agar dapat memperoleh pendidikan ataupun keterampilan yang terjangkau dan bermanfaat sebagai upaya pencegahan jangka panjang, SKB Kota Malang dapat memberikan layanan program KF, PAUD atau Paket kepada anggota keluarga peserta Diklat bersamaan dengan melaksanakan program Diklat keterampilan sehingga dapat memberikan banyak hasil, penyajian data pada Laporan Hasil Pelaksanaan Diklat keterampilan Anak Jalanan dan Prasejahtera dilakukan secara jelas dan lengkap untuk mempermudah evaluasi, serta menjadikan peningkatan jumlah kuota, peningkatan penyaluran dana dan pengadaan sarana dan prasarana yang lebih memadai, baik dari segi kualitas maupun kuantitas sebagai peluang pengembangan program Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Anak Jalanan dan Prasejahtera .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/9/050900396
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2009 08:23
Last Modified: 21 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114406
[thumbnail of 050900396.pdf]
Preview
Text
050900396.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item