Manajemen Pelayanan Publik Sektor Kesehatan Guna Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat : studi di Puskesmas Dinoyo, Kota Malang

AnisKristina (2009) Manajemen Pelayanan Publik Sektor Kesehatan Guna Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat : studi di Puskesmas Dinoyo, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu tolok ukur pembangunan nasional, yang bisa diukur dengan tingkat pendidikan, tingkat ekonomi dan tingkat kesehatan masyarakat. Kenaikan harga BBM pada tahun 2005 mengakibatkan harga-harga kebutuhan meningkat drastis, sehingga rakyat mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya termasuk kebutuhan kesehatan. Hal ini menyebabkan tingkat kesehatan masyarakat juga mengalami penurunan. Oleh karena itu dalam bidang kesehatan maka sangat dibutuhkan peran dari Puskesmas yang memberikan berbagai pelayanan kesehatan dengan berbagai kegiatan pokok puskesmas. Disamping itu Puskesmas merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat dan membina peran serta masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Dinoyo Kota Malang, guna meningkatkan mutu atau kualitas kesehatan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Penelitian ini difokuskan pada 3 hal yaitu: (1) manajemen pelayanan kesehatan di Puskesmas, yang didalamnya menguraikan tentang Pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Dinoyo, Macam-macam Pelayanan Kesehatan Puskesmas Dinoyo, Kegiatan Pokok Puskesmas Dinoyo, Prinsip-prinsip dan Asas Pokok Puskesmas Dinoyo. (2) Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Dinoyo. (3) Faktor kendala dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Dinoyo, baik kendala intern maupun ekstern. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Dinoyo kepada masyarakat mengalami sebuah perbedaan seperti apa yang menjadi rencana kerja atau POA ( Planning of Action ) Puskesmas Dinoyo. Pelayanan kesehatan yang diberikan disesuaikan dengan potensi masyarakat yang termasuk wilayah kerja Puskesmas Dinoyo. Dalam penerapan pelayanan kesehatan oleh Puskesmas Dinoyo untuk kegiatan-kegiatan pokok ternyata masih terdapat kendala-kendala seperti keadaan gedung yang kurang memadai, setelah adanya pemindahan gedung. Dan sampai sekarang status gedungnya masih numpang di gedung Puskesmas Pembantu Sumbersari. Oleh karena itu dari pihak Puskesmas diharapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, baik dari fasilitas, tempat maupun pelayanan, hal ini bertujuan untuk mencapai visi Puskesmas Dinoyo yaitu "Tercapainya Kecamatan Sehat".

English Abstract

The level of welfare society is the one measurement of national development that are measured from the level of education, the level of economy, and the level of public health. The rise of oil fuel price at 2005 is caused the price at basic needs mount drasticly, so that people difficult to fullfil their basic needs includes the healthy needs. The implications of these condition one use decline of public health. So that, health sector need the rule of Local government Clinic that give health service with kind of basic activities, and it is constitute be a center of development public health with found the rules of society. The aims of the research are to describe and analysis health service which are done of Dinoyo Local Government Clinic Malang to increase the quality of the public health. Qualitative descriptive method used in this, which are focus on 3 parts, they are (1) The management of public health service in Dinoyo Local Government Clinic which explain about activities health service in Dinoyo Local Government Clinic, and explain about the principles and basic basis activities Dinoyo Local Government Clinic. (2) The quality of health service in Dinoyo Local Government Clinic. (3) The constraints, internal and axternal that hamper in activities health service in Dinoyo Local Government. Research finding, shown that there are difference between jobs planning or POA (Planning Of Action) in Dinoyo Local Government Clinic and executing public health services. Health services are given by local government clinic are adjusted with the society potencial which concluding jobs area of Dinoyo Local Government Clinic. In the application health from Dinoyo Local Government Clinic, for basic activities apparently still obtain obstacle like condition of building that less than proper, after moved from the place before. And now of Dinoyo Local Government Clinic health service going by accomplice Dinoyo Local Government Cinic. Therefore from Dinoyo Local Government Clinic are hoped to increase the public services, from the facilities itself and the public services. This to aim to reach out the vision of Dinoyo Local Government Clinic which is "Reached Health Subdistrict".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/86/050900809
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2009 09:02
Last Modified: 21 Oct 2021 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114402
[thumbnail of 050900809.pdf]
Preview
Text
050900809.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item