RatihKurniasari, (2009) Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian : survei pada Pembeli Kartu Prabayar IM3 di Ivan Cell Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan di bidang teknologi dan komunikasi serta semakin meningkatnya pendapatan masyarakat Indonesia menjadikan pola hidup masyarakat mulai mengarah pada kebutuhan non dasar yang salah satunya adalah kebutuhan dalam berkomunikasi. Kebutuhan masyarakat akan sarana komunikasi menjadikan komunikasi sebagai sesuatu yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Jika diperhatikan, Teknologi Informasi (TI) dan komunikasi telah mendorong kemajuan dalam teknologi produk dan proses terbentuknya masyarakat informasi (information society) yang semakin terbiasa dengan bagaimana mengakses informasi secara cepat, tepat, dimanapun dan kapanpun. Salah satu alternatifnya adalah dengan penggunaan telepon seluler/ handphone. Rumusan masalah ini dari penelitian ini adalah apakah variabel faktor psikologis berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian dan variabel faktor psikologis yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan apakah variabel faktor psikologis berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian kartu prabayar IM3, dan untuk mengetahui variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian kartu prabayar IM3. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) dalam penelitian ini yaitu Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Sikap (X4), dan Kepercayaan (X5), sedangkan variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian (Y). Penelitian ini dilakukan di Ivan Cell Malang. Sampel yang digunakan sebanyak 68 orang (responden) dengan instrumen penelitian kuesioner. Skala yang dipakai adalah skala Liker, dan uji statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda dan regresi parsial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/7/050900393 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 02 Mar 2009 08:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114385 |
Preview |
Text
050900393.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |