Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Sebagai Upaya Meningkatkan Sistem Pengendalian Intern Perusahaan : studi pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pamekasan

FerlyRizahWahyudhillah, (2009) Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Sebagai Upaya Meningkatkan Sistem Pengendalian Intern Perusahaan : studi pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pamekasan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Akuntansi penggajian merupakan salah satu sistem yang harus diterapkan perusahaan secara efektif dan efisien, karena penggajian merupakan kegiatan yang mutlak dilakukan guna menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Sistem akuntansi penggajian sangat berperan dalam pengendalian intern perusahaan, dengan adanya sistem akuntansi ini maka dapat mencegah adanya kecurangan, kesalahan dan kecerobohan dalam pelaksanaan prosedur penggajian karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem akuntansi penggajian yang diterapkan di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pamekasan. Selain itu bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem akuntansi penggajian sebagai upaya meningkatkan sistem pengendalian intern pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan studi kasus pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pamekasan. Fokus penelitian ini adalah struktur organisasi, formulir dan dokumen serta jaringan prosedur yang membentuk sistem akuntansi penggajian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data non statistik dengan menganalisis struktur organisasi, dokumen yang digunakan, jaringan yang membentuk sistem dan sistem pengendalian intern dalam sistem penggajian. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa sistem akuntansi penggajian PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Pamekasan masih terdapat kelemahan diantaranya pada struktur organisasi masih terdapat bagian yang mempunyai tanggung jawab terlalu besar, dalam proses pencatatan waktu hadir masih kurang efisien karena masih menggunakan daftar absensi manual, dalam proses pengolahaan daftar gaji hanya diolah oleh bagian pengolahan gaji. Dalam meningkatkan pengendalian intern yang ada dalam perusahaan yaitu pada struktur organisasi perlu ditambahkannya satu bagian lagi untuk menghindari tanggung jawab yang terlalu besar, dalam proses pencatatan waktu hadir perlu adanya perbaikan pada clock card machin , serta dalam proses pengolahan gaji seharusnya juru akuntansi memeriksa ulang dokumendokumen yang diolah oleh bagian daftar gaji untuk menghindari kesalahan perhitungan dan adanya penyelewengan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/63/050900723
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2009 08:46
Last Modified: 21 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114378
[thumbnail of 050900723.pdf] Text
050900723.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item