Evaluasi Dampak Kebijakan Pembangunan Busway Kota Jakarta

MeitaTrianaIndahPuri, (2009) Evaluasi Dampak Kebijakan Pembangunan Busway Kota Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh permasalahan transportasi di Kota Jakarta antara lain adanya inefisiensi angkutan umum dan inefisiensi penggunaan angkutan pribadi yang telah menimbulkan kemacetan. Kemacetan di Kota Jakarta semakin hari semakin meningkat sehingga menuntut pemerintah Kota Jakarta untuk membuat kebijakan terkait dengan permasalahan transportasi. Oleh karena itu, pada masa pemerintahan Sutiyoso, selaku Gubernur Jakarta yang menjabat selama dua periode masa jabatan (1997-2002 dan 2002-2007) dengan wakilnya Fauzi Bowo berupaya untuk memberikan energi reformatif dalam pembenahan transportasi Kota Jakarta dengan membuat kebijakan pembangunan Busway sebagai salah satu bentuk Pola Transportasi Makro (PTM) seperti tertulis dalam Keputusan Gubernur Propinsi DKI Jakarta No. 84 Tahun 2004. PTM menitikberatkan pada penataan sistem angkutan umum yang terfokus pada pembentukan struktur pola trayek angkutan umum yang lebih terorganisir, efisien, dan efektif sehingga diharapkan angkutan umum dapat bersaing dengan angkutan pribadi untuk dapat menarik minat masyarakat agar memanfaatkan angkutan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kebijakan pembangunan Busway yang dilakukan dengan melihat dampak yang muncul dan mengevaluasi dampak tersebut berdasarkan kriteria evaluasi dampak kebijakan. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pembangunan Busway mempunyai dampak sosial dan fisik. Dampak sosial ini berhubungan dengan individu, masyarakat, dan organisasional. Sedangkan dampak fisik berhubungan dengan kondisi wilayah sasaran sebelum dan sesudah pembangunan Busway serta kondisi fasilitas penunjang sebagai dampak fisik dari keberadaan Busway . Dampak tersebut mempengaruhi peralihan masyarakat Kota Jakarta untuk menggunakan kendaraan umum melalui pemanfaatan Busway . Saran yang diberikan didasarkan pada dampak yang muncul. Berdasarkan dampak sosial, saran yang dapat diberikan antara lain menyediakan parking area bagi pengguna kendaraan pribadi agar mereka dapat meninggalkan kendaraan pribadi mereka dan memanfaatkan Busway , meningkatkan koordinasi antara pihak-pihak yang terkait dalam kebijakan ini, membuat kebijakan lain untuk membatasi penggunaan kendaraan pribadi seperti menaikkan tarif parkir, memberlakukan car free day di hari-hari tertentu, memberlakukan plat nomor ganjil-genap pada hari tertentu, memberlakukan tarif bagi kendaraan yang melewati kawasan tertentu (kawasan pusat perekonomian), dan menaikkan pajak kendaraan bermotor untuk membatasi kepemilikkan kendaraan pribadi dengan pertimbangan biaya. Sedangkan dari dampak fisik, saran yang dapat diberikan antara lain memisahkan Busway dari jalan reguler, merealisasikan feeder , melakukan pemeliharaan terhadap fasilitas penunjang yang sudah ada. Saran-saran tersebut diharapkan dapat menjadikan Busway sebagai angkutan umum yang diminati oleh masyarakat sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kemacetan yang sudah menjadi budaya Kota Jakarta.

English Abstract

The background of the research is the problem transportation in the city of Jakarta is the inefficiency of public and personal transportations that produce traffic jams. Traffic jams in Jakarta increase in daily level. This circumstances demands certain transportation policies from the local government. Thus, during the reign of Sutiyoso, the city’s governor for two periods (1997-2002 and 2002-2007) and his deputy, Fauzi Bowo, the local government attempted at providing a reformative energy by arranging the transportation system in Jakarta by launching the Busway policy as an implementation of the Macro Transportation Patterns— Pola Transportasi Makro , abbreviated as the PTM. This was underlined in The Decree of the Governor of the Province of DKI Jakarta No. 84/2004. The PTM emphasizes on arrangements of public transportation system towards an efficient, effective structurized and organized pattern of public transportation licensed route, to compete with personal vehicles. This competition is necessary in order that the public would prefer public transportation to personal one. The purposes of this research are to evaluate the impacts of Busway policy by observation and by the criteria of policy evaluation. Results demonstrate that the bus way policy has both social and physical impacts. The social impacts are correlated to individuals, community in general, and organizations. In the meantime, the physical impacts are correlated to the target area before and after Busway are established. They are also connected with supporting facilities set off by the existence of Busway. These impacts inspire the residents’ change of preference from personal vehicles to public transportation by the implementation of Busway . Advices are derived from the abovementioned impacts. Based on the social effects, parking areas should be extended for personal vehicle users to leave their vehicles and use the Busway. There should also be a thorough coordination between interest groups in this policy, e.g. increasing the parking toll, implementing car-free days on certain days of the week, introducing even-odd license plates on certain days, tariffs for cars that pass specified areas (economy centers), and to rise the vehicle taxes to put a limit on vehicle ownership, considering the costs. The physical impacts are to be coped with separation of the Busways from regular roads, realization of feeders, and maintaining the supporting facilities. The aforementioned advices would expectantly be the means of confirming the Busway as a preferred public transportation system, in order to unravel the traffic jam problems in the city of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/57/050900596
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2009 09:13
Last Modified: 21 Oct 2021 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114372
[thumbnail of 050900596.pdf]
Preview
Text
050900596.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item