Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dengan Sistem Data Terintegrasi (Studi Pada Biro Teknologi Dan Informasi Pada Pt. Petrokimia Gresik ),

Setiawan, Andi (2009) Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dengan Sistem Data Terintegrasi (Studi Pada Biro Teknologi Dan Informasi Pada Pt. Petrokimia Gresik ),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan mengingat pentingnya peranan sebuah sistem informasi manajemen bagi suatu perusahaan dalam meningkatkan visi dan misi sebagai perusahaan yang baik. Salah satu bagian yang terpenting dalam perusahaan adalah implementasi sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen yang baik akan lebih menunjang kinerja baik perusahaan maupun para karyawan dalam perusahaan itu sendiri. Perusahaan menyadari bahwa perusahaan dalam mejalankan seluruh proses bisnis dan menjadi produsen pupuk bersubsidi maupun non subsidi. Dalam menjalankan seluruh proses bisnis perusahaan selain dengan implementasi sistem informasi manajemen yang baik juga diperlukan sistem data terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem informasi manajemen PT. Petrokimia Gresik. Seluruh proses bisnis perusahaan ditunjang dengan implementasi sistem informasi manajemen dan juga sistem data terintegrasi. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa PT. Petrokimia Gresik melakukan implementasi sistem informasi manajemen berbasis teknologi komputer seperti sistem informasi akuntansi, sistem informasi personalia, sistem informasi distribusi, dan sistem informasi teknik. Sistem informasi manajemen yang terdapat dalam perusahaan saling berintegrasi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan proses bisnis perusahaan. Dalam implementasi sistem informasi manajemen perusahaan yang berhubungan dengan suatu sistem data terintegrasi, ternyata juga ditemukan beberapa masalah yang mungkin bisa menghambat jalannya sebuah sistem. Ada beberapa masalah dalam implementasi sistem informasi manajemen dan sistem data terintegrasi. Masalah dalam implementasi sistem informasi manajemen terdapat pada peggunaan hardware dan software yang digunakan perusahaan. Perusahaan membutuhkan suatu hardware yang handal dalam perusahaan (terutama yang berada dilapangan), dan pembuatan software yang sesuai dengan kebutuhan user dalam memenuhi kebutuhan proses bisnis perusahaan. Sistem data terintegrasi bertujuan agar aliran-aliran datanya menjadi sederhana yang digunakan sebagai elemen perencanaan dengan memiliki konsep subsystem hingga menjadi database yang mudah untuk digunakan serta dipahami.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/491/051305969
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Oct 2013 09:02
Last Modified: 21 Oct 2021 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114356
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._motto.pdf]
Preview
Text
2._motto.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._tanda_persetujuan_skripsi.pdf]
Preview
Text
3._tanda_persetujuan_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._pernyataan_orisinalitas_skripsi.pdf]
Preview
Text
4._pernyataan_orisinalitas_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._abstraksi.pdf]
Preview
Text
5._abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._kata_pengantar.pdf]
Preview
Text
6._kata_pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._daftar_isi.pdf]
Preview
Text
7._daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._daftar_tabel.pdf]
Preview
Text
8._daftar_tabel.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._bab_1-5.pdf]
Preview
Text
9._bab_1-5.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 10._daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
10._daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item