Penerapan CobIT 4.0 Framework Dengan High-Level Acquire and Maintain Technology Infrastructure (AI3) Sebagai Salah Satu Alat Untuk Mengukur Pengelolaan Teknologi Informasi (Studi Kasus pada Universi

RahardhaniekSusilaningrum (2009) Penerapan CobIT 4.0 Framework Dengan High-Level Acquire and Maintain Technology Infrastructure (AI3) Sebagai Salah Satu Alat Untuk Mengukur Pengelolaan Teknologi Informasi (Studi Kasus pada Universi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

IT Governance (Tata Kelola Teknologi Informasi) merupakan salah satu bagian terpenting dari kesuksesan penerapan Good Corporate Governance . IT Governance memadukan best practices proses perencanaan, pengelolaan, penerapan, pelaksanaan dan pengawasan kinerja teknologi informasi, untuk memastikan teknologi informasi benar-benar mendukung pencapaian sasaran perusahaan. Salah satu kerangka untuk mengelola IT Governance pada organisasi adalah Control Objectives for Information and Related Technology ( CobIT ), yaitu auditor, pengguna ( user ) dan manajemen, untuk mempertemukan dan menjembatani kebutuhan manajemen dari celah atau gap antara risiko bisnis, kebutuhan control dan masalah-masalah teknis teknologi informasi serta menyediakan referensi best business practices yang mencakup keseluruhan teknologi informasi dan kaitannya dengan proses bisnis organisasi dan memaparkannya dalam struktur aktifitas-aktifitas logis yang dapat dikelola serta dikendalikan secara efektif. Pada edisi keempatnya, CobIT Framework terdiri dari 34 high-level control objectives yang dikelompokkan dalam empat domain yaitu Perencanaan dan Organisasi ( Plan and Organize ), Perolehan dan Implementasi Sistem Aplikasi ( Acquire and Implement ), Penyerahan dan Dukungan Jasa Layanan Informasi ( Deliver and Suppport ), dan Pemantauan dan Evaluasi ( Monitor and Evaluate ). Universitas Brawijaya, sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, sudah sejak sembilan tahun terakhir ini (sejak tahun 1999) melakukan adaptasi dan implementasi teknologi informasi dan komunikasi. Namun dalam pengelolaan teknologi informasi, khususnya pengelolaan infrastruktur teknologi, Universitas Brawijaya belum seluruhnya menerapkan tata kelola teknologi informasi dengan baik. Berdasarkan hasil penerapan CobIT 4.0 Framework dengan High-Level Acquire and Maintain Technology Infrastructure ( AI3 ) dapat diketahui bahwa pengelolaan infrastruktur teknologi pada Universitas Brawijaya berada pada rata-rata tingkat kematangan 1,31 ( Initial/ Ad-Hoc ). Tingkatan/ level tersebut menggambarkan ko ndisi organisasi yang sudah memiliki beberapa inisiatif mekanisme perencanaan, tata kelola, dan pengawasan terhadap sejumlah investasi yang dilakukan, namun sifatnya masih sporadis, tidak konsisten, belum formal dan reaktif. Untuk itu, Universitas Brawijaya diharapkan memiliki komitmen terhadap perkembangan teknologi informasi di Universitas Brawijaya, sehingga dapat tercipta suatu perencanaan yang matang dalam pengembangan standar dan arsitektur teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/488/051100291
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Feb 2011 11:33
Last Modified: 21 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114354
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstraksi,_pengantar,_daftar_isi,_riwayat.pdf]
Preview
Text
Abstraksi,_pengantar,_daftar_isi,_riwayat.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_Iku.pdf]
Preview
Text
BAB_Iku.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IIku.pdf]
Preview
Text
BAB_IIku.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IIIku.pdf]
Preview
Text
BAB_IIIku.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IVku.pdf]
Preview
Text
BAB_IVku.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_Vku.pdf]
Preview
Text
BAB_Vku.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustakaku.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustakaku.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item