Analisis Perbandingan Hutang Jangka Panjang dan Leasing dalam Pembelanjaan Aktiva Tetap : studi kasus pada CV. Bumi Pustaka Emas Probolinggo

HanikSetiyowati (2009) Analisis Perbandingan Hutang Jangka Panjang dan Leasing dalam Pembelanjaan Aktiva Tetap : studi kasus pada CV. Bumi Pustaka Emas Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembelanjaan aktiva tetap berkaitan dengan dana yang dibutuhkan, dan jumlahnya tidak sedikit. Oleh karena itu perusahaan harus mempertimbangkan setiap keputusan yang akan diambil yang paling menguntungkan perusahaan. Alternatif sumber dana yang dapat digunakan perusahaan ada dua, yaitu sumber dana intern dan ekstern. Jika sumber dana intern tidak memungkinkan untuk digunakan, maka alternatif yang dapat digunakan perusahaan adalah sumber dana ekstern dalam hal ini adalah hutang jangka panjang dan leasing. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kedua alternatif sumber dana ekstern yaitu hutang jangka panjang dan leasing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di CV. Bumi Pustaka Emas Probolinggo yang merupakan salah satu kontraktor di kota Probolinggo. Fokus penelitian yang diambil adalah aktiva tetap, cost of capital dan aliran kas. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini didapatkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya adalah analisis laporan keuangan untuk mengetahui keadaan perusahaan, analisis aktiva tetap dan analisis kelayakan alternatif pembelanjaan perusahaan dengan metode payback period, internal rate of return, dan net present value. Dari ketiga metode tersebut, pembelanjaan aktiva yang baru dapat diterima, lebih jelasnya terdapat pada analisis net present value. Berdasarkan hasil analisis NPV, present value cash out flow hutang jangka panjang adalah Rp. 268,954,247.50 sedangkan present value cash out flow leasing adalah Rp. 361,236,343.55. Sehingga dengan demikian sumber dana ekstern dengan hutang jangka panjang pada bank menghasilkan present value cash out flow yang lebih rendah dibandingkan dengan present value cash out flow sumber dana leasing. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa CV. Bumi Pustaka Emas lebih baik memilih sumber pembelanjaan dengan hutang jangka panjang pada bank, karena dapat memberikan cash outflow yang lebih murah dibandingkan dengan sumber pembelanjaan leasing. Dengan demikian perusahaan dapat melakukan penghematan sebesar Rp. 92,282,096.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/479/0510001098
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2010 10:03
Last Modified: 21 Oct 2021 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114344
[thumbnail of 051001098.PDF]
Preview
Other
051001098.PDF

Download (14MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item