Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan : studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2007

NinukSriAstuti, (2009) Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan : studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2007. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kinerja keuangan yang tercermin dari Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Debt Equity Ratio (DER) terhadap harga saham pada perusahaan-perusahaan yang masuk dalam kelompok perusahaan perbankan. Dalam penelitian ini diduga bahwa variabel kinerja keuangan secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap harga saham dan variabel EPS yang berpengaruh dominan terhadap harga saham. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory (penjelasan) dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan dari metode tersebut didapat 11 perusahaan yang dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa (ICMD) yang diambil di IDX corner Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yaitu Regresi Linier Berganda dan memperhatikan asumsi klasik agar diperoleh hasil yang BLUE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dari hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa dari enam variabel bebas terdapat 3 variabel yang berpengaruh signifikan yaitu ROE, EPS dan BOPO sedangkan tiga variabel lainnya tidak memiliki pengaruh yang signifikan yaitu CAR, ROA, dan DER. Variabel yang dominan pengaruhnya terhadap harga saham dapat dilihat dari koefisien beta yang terbesar. Dari hasil regresi variabel EPS mempunyai koefisien beta yang terbesar, hal ini menunjukkan bahwa EPS menjadi variabel yang dominan pengaruhnya terhadap harga saham. Nilai R2 sebesar 0,836 berarti bahwa model regresi yang dibentuk mampu menjelaskan variabilitas harga saham sebesar 83,6% sedangkan sisanya yaitu 16,4% dijelaskan oleh variable lain di luar model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/47/050900627
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2009 09:07
Last Modified: 24 Oct 2021 05:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114337
[thumbnail of 050900627.pdf]
Preview
Text
050900627.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item