Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Rokok Sampoerna A-Mild Pada Mahasiswa S-1 STIBA Program Studi Sastra Inggris Tahun Angkatan 2004-2006)

S, Hendriantika Putri and DR. Zainul Arifin, M.S., - and Drs. Soekarto, M.Si., - (2009) Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Rokok Sampoerna A-Mild Pada Mahasiswa S-1 STIBA Program Studi Sastra Inggris Tahun Angkatan 2004-2006). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu bentuk bauran komunikasi pemasaran adalah periklanan. Periklanan dipandang sebagai media yang lazim digunakan oleh suatu perusahaan (khususnya produk konsumsi), karena sifatnya yang dapat menjangkau dari kalangan manapun (barbagai tingkatan pendapatan, beragam budaya, dan lain-lain) membuat periklanan menjadi alat komunikasi yang paling diminati oleh produsen. Dari berbagai media periklanan yang ada, media televisi merupakan media yang dipandang efektif dalam penyampaian pesan. Didalam media televisi juga Nampak begitu hidup dan nyata. Terdapat didalamnya isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel dalam iklan televisi, mempengaruhi keputusan pembelian, serta untuk mengetahui variabel manakah dalam variabel iklan televisi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey yang bersifat explanatory. Penelitian dilakukan pada konsumen rokok Sampoerna A-Mild di STIBA Malang, dengan jumlah sampel 112 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh atau padat. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi berganda, regresi berganda dan regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif serta signifikan antara isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan dengan keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi berganda atau multiple R sebesar 0,572 dengan F hitung 13,021 lebih besar dari F tabel (2,625), sehingga H 0 ditolak dan angka probabilitas 0,000 (p<0,05) yang berarti tingkat keeratan hubungannya sedang.Variabel isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4) memberikan kontribusi atau sumbangan terhadap variabel keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai R square sebesar 0,327, bisa juga dilihat dari Adjusted R square sebesar 0,302 (yang nilainya selalu lebih kecil dari pada R square ). Variabel sumber pesan merupakan variabel yang dominan dalam keputusan pembelian rokok Sampoerna A-Mild , hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 2,066 dan koefisien beta sebesar 1,183 dengan probabilitas 0,041. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulannya adalah periklanan dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang sedang, dan variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian adalah sumber pesan. Saran yang diajukan adalah perusahaan perlu mengkaji dan mengembangkan sumber pesan dan juga isi pesan, struktur pesan, format pesan sehingga dapat membuat iklan yang efektif lagi, selalu mengikuti selera konsumen dan pangsa pasar. Strategi yang harus dijalankan Sampoerna adalah upaya modifikasi dan perbaikan produk yang berkelanjutan, serta memfokuskan iklan pada dorongan permintaan selektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/464/051000789
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Mar 2010 10:37
Last Modified: 28 Dec 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114334
[thumbnail of 051000789.pdf]
Preview
Text
051000789.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item