Hubungan Jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dengan Motivasi Kerja (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. BENTOEL PRIMA Malang)

MahendraRahman (2009) Hubungan Jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dengan Motivasi Kerja (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. BENTOEL PRIMA Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada sebuah ketertarikan pada pentingnya aspek keselamatan kerja dan jaminan kesehatan kerja untuk karyawan. Sebuah perusahaan dengan sendirinya juga harus mempunyai dan mempersiapkan berbagai alat dan sarana yang dapat menunjang karyawannya dalam bekerja. Tentu saja dengan tersedianya jaminan akan rasa aman melalui Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja membuat Motivasi Kerja Karyawan juga meningkat. Namun ditengah persaingan yang semakin ketat dan globalisasi perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai macam inovasi dan pembenahan terlebih lagi dalam hal peralatan, semakin cangih sebuah peralatan juga memiliki tingkat resiko tertentu bagi sumber daya manusia yang menjalankan peralatan tersebut. Aspek kecelakaan kerja secara tidak langsung juga berpengaruh besar terhadap penurunan pendapatan perusahaan, disamping itu, biaya untuk melakukan proteksi dirasa lebih murah daripada biaya pengobatan dan penerimaan karyawan baru. Dan bila terjadi kecelakaan diduga akan berpengaruh kepada psikologis karyawan, karena merasa tidak nyaman dan aman dalam melaksanakan kinerja. Melihat aspek tersebut dirasa sangat vital, maka peneliti berusaha melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah Jaminan K3, apakah berhubungan dengan Motivasi Kerja. Penelitian eksplanatif ini difokuskan untuk mencari sebuah hubungan antara Jaminan K3 dengan Motivasi Kerja, apakah memiliki hubungan korelasi yang berpengaruh atau kah tidak dengan mengambil sampel pada 65 karyawan bagian produksi PT Bentoel Prima Malang. Penelitian ini menggunakan metode korelasi sederhana, sebagai langkah mencari kuat atau lemahnya sebuah hubungan kedua variable tersebut, dan melakukan pengujian t, untuk mencari hipotesa apa yang akan diterima(Ho atau Ha). Hasil penelitian ini, adalah bahwa variable x yaitu Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja memiliki hubungan terhadap variable y yaitu Motivasi Kerja Karyawan, selain itu hipotesa bahwa adanya program keselamatan kerja dan jaminan kesehatan yang diterapkan oleh perusahaan akan berpengaruh kepada rasa aman dan kenyamana yang diperoleh karyawan sehingga dapat meningkatkan motivasi dalam bekerja. Penulis mengharapkan dari penelitian ini akan memberikan sebuah pertimbangan untuk perusahaan dalam memperhatikan masalah jaminan kesehatan dan keselamatan kerja karena dengan meningkatkan hal tersebut secara langsung akan meningkatkan motivasi kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/463/051000788
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Mar 2010 14:50
Last Modified: 24 Oct 2021 05:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114333
[thumbnail of 051000788.pdf]
Preview
Text
051000788.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item