Peran Bagian Personalia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada Bagian Personalia The Amsterdam Garden Resto And Steak House Malang)

RheanditaCynthia (2009) Peran Bagian Personalia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada Bagian Personalia The Amsterdam Garden Resto And Steak House Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bagian personalia merupakan bagian yang menangani masalah individu atau personal yang apabila diaplikasikan dalam suatu perusahaan adalah mengenai karyawan. Fungsi utama bagian personalia adalah merencanakan karyawan, mengorganisir karyawan dengan memberikan perincian tugas guna menghindari ketidakjelasan pekerjaan, memberikan intensif kepada pegawai baik bersifat positif maupun negatif, dan melakukan pengawasan, penilaian pekerjaan, masa kerja dan sebagainya yang dijadikan dasar untuk pengembangan pegawai. Bagian personalia perlu menjalankan fungsinya agar didapatkan kinerja karyawan yang maksimal. Kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu perusahaan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh kemampuan karyawan dan motivasi yang diterima karyawan. Kemampuan karyawan terdiri dari kemampuan potensi (IQ) dan kemampuan reality (knowledge), dan skill . Sedangkan motivasi mencakup hubungan kerja, fasilitas kerja, iklim kerja, kebijakan pemimpin, pola kepemimpinan kerja dan kondisi kerja. Agar didapatkan kinerja perusahaan yang maksimal, diperlukan usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan. Tanggung jawab untuk meningkatkan kinerja karyawan sesungguhnya adalah tugas dari pimpinan perusahaan, namun tak jarang tugas tersebut didelegasikan kepada bagian personalia. Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kinerja karyawan pada The Amsterdam Garden Resto And Steak House Malang, usaha apa saja yang telah dilakukan bagian personalia untuk meningkatkan kinerja karyawan pada The Amsterdam Garden Resto And Steak House Malang, bagaimana peran bagian personalia dalam meningkatkan kinerja karyawan pada The Amsterdam Garden Resto And Steak House Malang, apa saja kendala yang dihadapi bagian personalia dalam melakukan usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan pada The Amsterdam Garden Resto And Steak House Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kinerja karyawan pada The Amsterdam Garden Resto And Steak House Malang, untuk menggambarkan usaha-usaha yang dilakukan bagian personalia dalam meningkatkan kinerja karyawan pada The Amsterdam Garden Resto And Steak House Malang, untuk menggambarkan peran bagian personalia dalam meningkatkan kinerja karyawan pada The Amsterdam Garden Resto And Steak House Malang, untuk menggambarkan kendala yang dihadapi bagian personalia dalam melakukan usaha peningkatan kinerja karyawan pada The Amsterdam Garden Resto And Steak House Malang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana merupakan metode penelitian status kelompok manusia, suatu subyek, suatu situasi dan kondisi, suatu pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Langkah-langkah menganalisis data dengan : 1) Reduksi data, yaitu proses pemilihan, pemberian fokus, penyederhanaan, abstraksi dan transformasi data mentah yang terdapat pada buku catatan lapangan. Reduksi data ini berlangsung secara terus-menerus dalam penelitian. 2) Display data, yaitu susunan informasi yang terorganisir yang memungkinkan penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Dengan memeriksa display , akan memudahkan dan memahami apa yang sedang terjadi dan harus melakukan analisis lebih lanjut atau tindakan yang didasarkan atas pemahaman itu. 3) Mengambil kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan akhir baru ditarik setelah tidak ditemukan informasi lagi mengenai kasus yang diteliti. Kesimpulan yang telah ditarik akan diverifikasi, baik sesuai kerangka berpikir peneliti atau dengan catatan lapangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/459/051000784
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Mar 2010 11:18
Last Modified: 24 Oct 2021 05:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114328
[thumbnail of 051000784.pdf]
Preview
Text
051000784.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item