Pengaruh Iklan Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen serta Dampaknya Terhadap Keputusan Menonton Film (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya dan Pelajar SMK TELKOM Malang y

NurulKhumaidah (2009) Pengaruh Iklan Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen serta Dampaknya Terhadap Keputusan Menonton Film (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya dan Pelajar SMK TELKOM Malang y. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar semakin berkembangnya industri perfilman di Indonesia yang didukung oleh pemerintah dengan peraturan yang menunjang serta kualitas dan kuantitas pembuatnya. Meskipun demikian perkembangan tersebut masih dihadapkan pada persaingan yang ketat dengan produk film luar negri yang semakin eksis di dalam negri. Oleh karena itu perlunya memperhatikan pengaruh iklan yang dibuat. Iklan yang merupakan suatu bentuk komunikasi untuk memperkenalkan suatu produk, dalam proses pembuatannya perlu diperhatikan agar dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Dengan demikian iklan yang dihasilkan mampu menghasilkan dampak yang positif terhadap keputusan konsumen untuk menonton produk film tersebut. Pengaruh iklan terhadap faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen serta dampaknya terhadap keputusan menonton film pada penelitian ini, menggunakan iklan produk film Laskar Pelangi. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan baik secara simultan maupun parsial terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen serta keputusan konsumen itu sendiri untuk menonton film Laskar Pelangi. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama maupun parsial faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan menonton film tersebut. Pengaruh tidak langsung variabel iklan terhadap keputusan menonton film juga diteliti dalam penelitian ini. Diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi akademis maupun praktis. Iklan menurut Terence A. Shimp (2000:5) merupakan suatu bentuk kampanye untuk memperkenalkan suatu produk dalam sebuah komunikasi massa melalui media atau komunikasi langsung yang didesain khusus untuk pelanggan maupun pemakai akhir. Dalam sebuah komunikasi isi pesan yang disampaikan serta sumber pesan yang menyampaikan dan media iklan yang digunakan merupakan unsur yang terdapat dalam komunikasi iklan itu sendiri. Orientasi iklan yang merupakan pelanggan atau pemakai akhir sehingga pembuat iklan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Faktor-faktor tersebut antara lain faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi. Faktor-faktor yang telah dipengaruhi oleh iklan selanjutnya akan berdampak pada keputusan menonton film Laskar Pelangi tersebut. Penelitian yang pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan wawancara ini menghasilkan data yang diolah dengan analisis deskriptif dan jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan seluruh hipotesis yang ditentukan menghasilkan pengaruh yang signifikan meskipun nilai kontribusi yang diberikan kecil. Namun secara individual isi pesan tidak signifikan berpengaruh terhadap faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan keputusan konsumen untuk menonton film. Sedangkan pada faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen hanya faktor sosial yang tidak signifikan berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Berdasarkan perhitungan pengaruh tidak langsung variabel iklan yang memberikan pengaruh paling besar terhadap keputusan konsumen melalui faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi adalah sumber pesan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/446/051000187
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Feb 2010 14:40
Last Modified: 24 Oct 2021 05:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114314
[thumbnail of BAB_I.hal_1.pdf]
Preview
Text
BAB_I.hal_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_hal1.pdf]
Preview
Text
BAB_II_hal1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_hal1.pdf]
Preview
Text
BAB_III_hal1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III1.pdf]
Preview
Text
BAB_III1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_IV.pdf]
Preview
Text
bab_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bagian_awal_skripsi.pdf]
Preview
Text
bagian_awal_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_hal_pertama.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_hal_pertama.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item