penerapan prinsip responsibilitas dalam rangka Good Corporate Governance (GCG)

DianDwiPurBowo (2009) penerapan prinsip responsibilitas dalam rangka Good Corporate Governance (GCG). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan prinsip responsibilitas dalam rangka Good Corporate Governance (GCG) dikalangan BUMN perbankan bermula dari krisis ekonomi yang melanda Indonesia dimana perekonomian bangsa Indonesia mengalami kemerosotan yang luar biasa. BUMN perbankan sebagai salah satu harapan untuk membawa bangsa ini keluar dari krisis justru tidak luput terkena dampak krisis. Maka dari itu, dalam rangka mengamankan aset dan menyehatkan pengelolaan BUMN, penerapan prinsip responsibilitas dalam rangka Good Corporate Governance (GCG) merupakan alternatif penting yang diharapkan dapat memberikan tanggung jawabnya terhadap internal perusahaan maupun eksternal perusahaan yang menuju kepada tata kelola perusahaan yang sehat kemudian dapat mengeluarkan negara dari krisis. Jadi BUMN perbankan dapat berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai sebuah BUMN perbankan menjalankan peran pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Bank masih merupakan sumber pendanaan memfasilitasi kredit modal kerja dan investasi, terutama untuk perusahaan baru baik skala besar, menengah dan kecil. Maka dari itu penerapan prinsip responsibilitas dalam rangka Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sangat penting, karena perannya dalam perekonomian negara juga besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan prinsip responsibilitas dalam rangka Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kota Blitar dan juga faktor-faktor apa saja yang nantinya mendukung dan menghambat penerapan prinsip responsibilitas ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kealutatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder. teknik pengumpulan data dari studi lapangan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi; dan dari studi kepustakaan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan buku catatan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penerapan prinsip responsibilitas dalam rangka Good Corporate Governance (GCG) diawali dengan tahap persiapan dengan mempersiapkan panitia sebagai pengontrol, kemudian menyesuaikan sarana dan prasarana yang telah dimiliki dan mempersiapkan bahan yang dirancang Kantor Pusat. Kemudian Sosialisai penerapan prinsip responsibilitas dengan rapat arahan dan juga seminar dan diskusi sebagai pendukung sosialisasi. Sebagai wujud dari pelaksanaan penerapan prinsip responsibilitas dalam rangka Good Corporate Governance (GCG), pertama-tama PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kota Blitar menerapkan prinsip kehati-hatian dalam mengelola dana dari kreditor atau nasabah. Penerapan prinsip responsibilitas yang kedua kepada manajemen dan pegawai. Bentuk dari penerapannya yaitu pengembangan sumber daya manausia dilakukan untuk meningkatkan kinerja pegawai. Selanjutnya Penerapan prinsip responsibilitas yang ketiga kepada publik atau masyarakat. Bentuk dari penerapannya yaitu melakukan kemitraan langsung kepada masyarakat dan juga melakukan bina lingkungan dengan melakukan pengadaan air bersih. Meskipun penerapan prinsip responsibilitas dalam rangka Good Corporate Governance (GCG) telah dilaksanakan dengan baik, namun masih terdapat beberapa kendala diantaranya yaitu dalam perkreditan masih terdapat kredit macet dari debitor. Kemudian prinsip responsibilitas yang diterapkan PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kota Blitar belum dipublikasikan sepenuhnya kepada masyarakat ataupun nasabah. Kemudian dalam upaya pengembangan sumber daya manusia juga belum terealisasi dengan maksimal, karena masi terdapat beberapa pegawai yang enggan mengikuti pelatihan pengembangan sumber daya manusia. Untuk memaksimalkan penerapan prinsip responsibilitas dalam rangka Good Corporate Governance (GCG), maka yang perlu dilakukan perusahaan adalah 1) Mengefektifkan dan mempublikasikan pelaksanaan prinsip responsibilitas, 2) Peninjauan kembalai atas peraturan-peraturan dalam pengelolaan dana nasabah, 3) Mengoptimalkan peran dan fungsi pegawai dengan memotivasi agar meningkatkan sumber daya yang dimilikinya 4) Mengefektifkan faktor kebijakan yang diberikan oleh manajemen perusahaan terkait dengan tata hubungan kerja, 5) Pembangunan corporate cultur yang sesuai dengan prinsip responsibilitas, 6) Memperbaharui dan menambahkan teknologi informasi yang dimiliki PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kota Blitar demi kelancara perusahaan dalam dalam melaksanakan tanggungjawabnya untuk melayani nasabahnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/445/051000186
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Feb 2010 14:31
Last Modified: 11 Feb 2010 14:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114313
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item