AdiWidyaPurnama (2009) Analisis Disonansi Kognitif dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen : survai pada pembeli yang Menggunakan Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z di Daerah Sawojajar 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan Disonansi Kognitif dan Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara simultan dan parsial Disonansi Kogitif (Emosi, Perhatian Setelah Transaksi dan Kebijaksanaan) terhadap Kepuasaan Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 orang responden yang merupakan Pembeli yang Menggunakan Jupiter Z di Sawojajar 1, Malang . Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linier berganda.Teknik Penarikan Sampel Yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Emosi (X1), Perhatian Setelah Transaksi (X2) dan Kebijaksanaan Pembelian(X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan dengan variabel Kepuasan Konsumen (Y) ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 20,58 dengan tingkat signifikansi 0,000 (P˂0,05). Dari hasil analisis secara parsial menunjukkan Faktor Perhatian Setelah Transaksi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) sebesar 3,567 dengan probabilitas 0,001. Faktor Emosi (X1) dan Faktor Kebijaksanaan Pembelian (X3) tidak berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen (Y) karena mempunyai tingkat signifikansi diatas 0,05 (P˃0,05), yaitu untuk Faktor Emosi (X1) sebesar 0,424 dan Faktor Kebijaksanaan Pembelian (X3) sebesar 0,404. Kesimpulan penelitian ini adalah faktor yang berpengaruh positif terhadap Kepuasaan Konsumen yaitu Perhatian Setelah Transaksi. Emosi dan Kebijaksanaan Pembelian mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Oleh karena itu disarankan agar PT.Yamaha Motor Kencana Indonesia terutama untuk produk Jupiter Z agar lebih memperhatikan Faktor Perhatian setelah Transaksi dengan tidak melupakan faktor emosi dan faktor kebijaksanaan pembelian agar Kepuasan Konsumen bisa lebih dapat tercapai, dengan cara lebih memperhatikan kinerja dan kualitas produk Jupiter Z dan lebih mengintensifkan promosi dengan mengedepankan keunggulan Jupiter Z dibanding merek lain, sehingga diharapkan timbul kepercayaan dalam diri konsumen, bahwa mereka telah membuat keputusan yang tepat dengan membeli sepeda motor Jupiter Z.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/440/051000108 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 03 Feb 2010 10:26 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 04:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114308 |
Preview |
Text
051000108.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |