Sistem dan Prosedur Penerimaan Retribusi IUJK Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada Dinas Kimpraswil Kabupaten Ponorogo)

ElfiraMusanasution (2009) Sistem dan Prosedur Penerimaan Retribusi IUJK Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada Dinas Kimpraswil Kabupaten Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem pemerintahan otonom menuntut daerah untuk lebih aktif dalam meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu sumber penerimaan dana yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah adalah dari sektor retribusi yaitu melalui retribusi Ijin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK),. Berkenaan dengan hal tersebut maka Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo menunjuk Dinas Kimpraswil untuk mengurus, menangani dan mengelola daerah serta melakukan pembayaran retribusi IUJK kepada setiap masyarakat jasa konstruksi dan diwajibkan pula kepada mereka untuk membayar jasa fasilitas sesuai dengan tarif yang telah ditentukan. Dalam peningkatan pendapatan disektor retribusi ini maka diperlukan sistem dan prosedur yang jelas. Untuk menjamin agar pelaksanaan penerimaan hasil retribusi IUJK secara tertib dalam kepengurusannya dalam hal ini perlu diterapkan suatu sistem pengendalian intern yang baik dan tepat. Sistem pengendalian intern dikatakan baik apabila sistem tersebut telah menunjukkan pencapaian tujuan penerapannya. Peranan pengendalian intern sangat besar dalam hal penerimaan retribusi, mengingat bahwa pengendalian intern ini adalah merupakan tindakan preventif terhadap terjadinya penyelewengan yang mungkin akan terjadi. Dengan adanya sistem pengendalian intern yang baik akan dapat mencegah atau mengurangi tindakan penyelewengan sehingga diharapkan akan dapat mendorong peningkatan penerimaan daerah dari hasil pendapatan retribusi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu pada Dinas Kimpraswil Kabupaten Ponorogo. Fokus penelitian ini adalah pengendalian intern pada Dinas Kimpraswil Kabupaten Ponorogo yang meliputi struktur organisasi,sistem wewenang dan prosedur pencatatan, praktek yang sehat, karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya, Sistem permohonan IUJK dan sistem penerimaan retribusi IUJK. Lokasi penelitian dilakukan pada Dinas Kimpraswil Kabupaten Ponorogo. Jenis data primer diperoleh secara langsung dari sumbernya yaitu terhadap responden yang akan diteliti. Data tersebut diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan bagian-bagian yang terkait yaitu pada pagawai Dinas Kimpraswil Kabupaten Ponorogo. Jenis data sekunder diperoleh dari formulir dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan instrument penelitian berupa panduan wawancara, dan panduan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data nonstatistik dengan menganalisis pengendalian intern pada Dinas Kimpraswil Kabupaten Ponorogo, pelaksanaan pengendalian intern dalam sistem permohonan IUJK, pelaksanaan pengendalian intern dalam sistem penerimaan retribusi IUJK

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/433/051000023
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jan 2010 09:40
Last Modified: 24 Oct 2021 04:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114300
[thumbnail of 051000023.pdf]
Preview
Text
051000023.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item