Pengembangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Kecelakaan Berbasis Webgis (Studi Kasus: Daerah Operasional Polres Kota Batu)

Wahabi, Fahrudin (2018) Pengembangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Kecelakaan Berbasis Webgis (Studi Kasus: Daerah Operasional Polres Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Batu merupakan kota yang terkenal akan pariwisatanya, oleh karena itu setiap tahunnya jumlah penduduk beserta jumlah kendaraan yang berada di Kota Batu dan sekitarnya terus bertambah. Fakta tersebut menyebabkan kepadatan lalu-lintas di Kota Batu dan sekitarnya terus meningkat, kepadatan lalu-lintas ini menyebabkan banyak masalah, salah satunya adalah masalah kecelakaan lalu-lintas. Saat ini belum terdapat sistem informasi yang digunakan untuk menangani masalah kecelakaan lalu-lintas di Kota Batu. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah membangun sebuah sistem informasi geografis (SIG) yang dapat mengidentifikasi lokasi-lokasi yang paling tinggi tingkat kecelakaan lalu-lintasnya. Data yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah data koordinat lokasi kecelakaan lalu-lintas, jumlah korban kecelakaan lalu-lintas yang didapatkan dari Polres Kota Batu, dan data jaringan jalan. Data yang dikumpulkan dalam periode tahun 2013-2016. SIG dibangun akan memanfaatkan metode Street Profile Analysis untuk mengetahui perkembangan kecelakaan lalu-lintas pada segmen jalan tertentu. Sedangkan untuk menentukan tingkat kecelakaan lalu-lintas menggunakan Equivalent Accident Number (EAN). Hasil dari SIG ini adalah sebuah WebGIS yang menampilkan lokasi-lokasi kecelakaan lalu-lintas beserta identifikasi lokasi yang memiliki tingkat kecelakaan lalu-lintas tertinggi. Dengan sistem ini lokasi yang memiliki tingkat kecelakaan lalu-lintas tertinggi berhasil diidentifikasi terdapat pada Jalan Raya Waturejo. Sedangkan hasil pemetaan lokasi kecelakaan lalu-lintas ditemukan sejumlah 26 titik selama tahun 2013-2016. Sistem ini juga diuji dengan menggunakan black box testing, compatibility testing, dan user acceptance testing (UAT). Hasil pengujian black box testing sebesar 100%. Kemudian untuk hasil compatibility testing, sistem tidak dapat berjalan pada browser Internet Explorer saja. Sedangkan untuk hasil pengujian UAT mendapatkan hasil hampir 88% untuk pengguna admin dan hampir 90% untuk pengguna masyarakat umum.

English Abstract

Batu City is a city famous for its tourism, therefore every year the population and the number of vehicles in Batu and surrounding areas continue to grow. This fact caused the traffic density in Batu City and its surrounding area to increase, this traffic density caused many problems, one of them is traffic accident problem. Currently there is no information system used to handle traffic accidents problem in Batu City. One solution that can be used is to build a geographic information system (GIS) that can identify the locations of the highest level of traffic accidents. Data used in the development of this system are coordinate data of traffic accidents location, the number of traffic accident victims obtained from Polres Kota Batu, and road network data. Data collected during the period of 2013-2016. GIS analysis was utilized Street Profile Analysis method to determine the progress of traffic accidents on a certain road segment. Meanwhile, to determine the level of traffic accidents Equivalent Accident Number (EAN) method was employed. The result of this GIS is a WebGIS that displays the locations of traffic accidents along with identification of locations that have the highest traffic accident rate. With this system, the location that has the highest traffic accident rate has been identified is on Jalan Raya Waturejo. While mapping the location of traffic accidents found a number of 26 points during the year 2013-2016. The system is also tested using black box testing, compatibility testing, and user acceptance testing (UAT). Black box testing test results of 100%. Then for compatibility testing results, the system can not run on Internet Explorer browser only. While for the results of testing UAT get results almost 88% for admin user and almost 90% for community users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/19/051800756
Uncontrolled Keywords: Kota Batu, kecelakaan lalu-lintas, SIG, street profile analysis, EAN
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.36 Programs for personal computers
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 06 Jun 2018 01:49
Last Modified: 26 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11430
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (926kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (899kB) | Preview
[thumbnail of BAB VII.pdf]
Preview
Text
BAB VII.pdf

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item