Pengaruh Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan : studi pada karyawan PT. Bentoel Prima Malang

Arifkurniawan (2009) Pengaruh Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan : studi pada karyawan PT. Bentoel Prima Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jaminan keselamatan dan kerja para karyawan secara langsung memberikan perasaan yang aman sehingga karyawan dapat bekerja tanpa adanya perasaa tertekan dengan kondisi atau keadaan sekitarnya. Sebagai upaya dalam memberikan jaminan keselamtan dan kesehatan kerja yaitu dengan memberikan perlindungan bagi para karyawan sehingga mereka dapat terhindar dari bahaya yang dapat ditimbulkan dari kegiatan operasional perusahaan dan dalam usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program keselamtan dan kesehatan kerja karyawan pada PT. Bentoel Prima Malang dan untuk mengetahui program keselaman dan kesehatan kerja karyawan secara simulan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian survey, dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data peneliti hanaya mencatat data seperti adanya, menganalisis dan menafsirkan data tersebut. Jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 651 karyawan dan jumlah sampel yang diambil yaitu sebanayk 65 responden. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai koofisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,722 yang sudah mendekati 1. Dengan demikian berarti bahwa pengaruh pelaksanaan program keselamatan dan pelaksanaan program kesehatan kerja terhadap kinerja para karyawan bagian produksi pada PT. Bentoel Prima Malang dapat dijelaskan sekitar 72,2% oleh pelaksanaan program keseelamtam kerja (X1) dan pelaksanaan program kesehatan kerja(X2) sedangkan sisanya sekitar 27,8% dijelaskan oleh variabel- variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji F membuktikan bahwa variabel pelaksanaan program keselamtan kerja (X1) dan pelaksanaan program keswehatan kerja(X2) secara bersama-sama memounyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja para karyawan bagian produksi pada PT. Bentoel Prima Malang. Hasil uji t dapat membuktikan bahwa variabel pelaksanaan program keselamtan kerja (X1) dan pelaksanaan program kesehatan kerja (X2) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja para karyawan . hasil koofisien regresi variabek penelitian dapat diketahui bahwa variabel pelkasanaan program kekeselamatan kerja (X1) yaitu sebesar 0,491 dan pelaksanaan program kesehatan kerja (X2) sebesar 0,293 dengan demikian keselamtan kerja mempunyai pengaruh dominan terhadapo kinerja para karyawan bagian praoduksi pada PT. Bentoel Prima Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/431/050903608
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2010 10:40
Last Modified: 24 Oct 2021 04:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114298
[thumbnail of 050903608.pdf]
Preview
Text
050903608.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item