Pengaruh Insentif Terhadap Prestasi Kerja : studi pada karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang

AchmadFahruddinIchsan, (2009) Pengaruh Insentif Terhadap Prestasi Kerja : studi pada karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) Malang adalah salah satu kantor pos terbesar di Jawa Timur yang bergerak atas barang dan jasa yang cukup berperan dalam pembangunan. PT. Pos Indonesia (Persero) Malang merupakan perusahaan layanan masyarakat atau sering pula diistilahkan dengan Agent of Development . Oleh karena itu PT. Pos Indonesia (Persero) Malang dalam melakukan kegiatannya berharap dapat melaksanakan produktivitasnya secara efisien, sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Sehubungan dengan hal tersebut bagaimana karyawan dapat berprestasi dengan sebaik mungkin dan karyawan bisa terpacu untuk mempunyai motivasi yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan dengan adanya pemberian insentif. Maka terhadap hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan signifikansi pengaruh insentif materiil dan insentif non materiil terhadap prestasi kerja karyawan Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang disebarkan kepada responden dengan sampel sebanyak 44 karyawan,. Dalam menganalisa data digunakan analisis deskriptif yang berisi distribusi item dari masing-masing variabel, kemudian analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Dari hasil pengujian dengan regresi linier berganda dan analisis regresi parsial menunjukkan bahwa simultan variabel insentif materiil (X1) dan variabel insentif non materiil (X2) terhadap prestasi kerja karyawan (Y) yang ditunjukkan oleh nilai R Square yaitu sebesar 0,749. Angka ini menunjukkan bahwa simultan variabel insentif materiil (X1) dan variabel insentif non materiil (X2) yang digunakan dalam persamaan regresi ini memberikan kontribusi terhadap prestasi kerja karyawan (Y) 74.9% sedangkan sisanya 25,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dua variabel bebas yang diteliti. Saran-saran yang dapat disampaikan sehubungan dengan keadaan dan permasalahan yang dihadapi oleh PT. Pos Indonesia (Persero) adalah sesuai dengan hasil penelitian dan pembahasan pemberian insentif kepada karyawan disarankan pihak perusahaan untuk lebih memperhatikan insentif materiil karena hal ini terbukti mempengaruhi prestasi kerja karyawan, Insentif non materiil hendaknya juga ditingkatkan agar dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi kerja karyawan sama dengan insentif materiil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/43/050900582
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2009 10:04
Last Modified: 24 Oct 2021 04:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114296
[thumbnail of 050900582.pdf]
Preview
Text
050900582.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item