Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian : survey pada Konsumen Pembeli Produk Daging Olahan/ Sosis pada Carrefour Malang

VinaFauzia, (2009) Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian : survey pada Konsumen Pembeli Produk Daging Olahan/ Sosis pada Carrefour Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya globalisasi dan perkembangan teknologi membawa dampak terhadap keberadaan industri pangan, baik industri pangan untuk produk pangan olahan maupun non olahan. Perkembangan industri pangan tersebut khususnya yang termasuk dalam industri pangan halal, dimana dalam hal ini industri pangan halal mempunyai prospek pasar yang cukup potensial. Adanya penemuan beberapa produk olahan yang terindikasikan mengandung bahan baku yang berasal dari bahan haram, menjadi isu global dalam industri pangan halal. Hal ini mendorong umat Islam untuk mengetahui kehalalan suatu produk serta pentingnya melakukan pengkajian terhadap status kehalalan produk tersebut, khususnya pada produk daging olahan (sosis). Realitas tersebut memicu kesadaran para pengusaha produk makanan maupun minuman untuk mencantumkan label halal pada produknya. Adanya labelisasi yang jelas mengenai status kehalalan produk daging olahan (sosis) akan membantu konsumen untuk memilih produk makanan yang baik, halal dan aman serta mendidik konsumen dengan memberi infomasi yang tepat tentang produk makanan (khususnya untuk produk sosis). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan besarnya pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun secara parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang responden yaitu konsumen Carrefour yang membeli produk daging olahan/sosis yang beragama Islam. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda, dan regresi parsial dengan bantuan software SPSS version 16 sebagai software pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak ( simultan ) variabel bebas dalam konsep Fungsi Labelisasi Halal yang meliputi Identifikasi, Informasi, Promosi, Pembelajaran, dan Persuasif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat Proses Keputusan Pembelian, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 23,812 dan nilai probabilitas sebesar 0,000. Hal ini berarti bahwa labelisasi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Adanya label halal yang tertera dalam kemasan produk sosis berfungsi sebagai bahan pertimbangan bagi konsumen dalam membuat keputusan pembelian untuk membeli produk sosis yang halal. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini : kepada setiap produsen makanan baik makanan olahan maupun non olahan hendaknya mendaftarkan produknya untuk mendapat sertifikasi halal yang berfungsi untuk mendapatkan labelisasi halal. Bagi pihak supermarket/hypermarket hendaknya menetapkan peraturan pada pemasok untuk menjual produk makanan yang bersetifikat halal dan berlabel halal sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, dalam rangka melindungi konsumen dari tindakan curang produsen makanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/40/050900579
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2009 10:32
Last Modified: 24 Oct 2021 04:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114264
[thumbnail of 050900579.pdf]
Preview
Text
050900579.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item