Proses Perencanaan Pembangunan : suatu studi tentang Proses Perencanaan Pembangunan Bidang Kesehatan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur)Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

SuryawanArieSaputra, (2009) Proses Perencanaan Pembangunan : suatu studi tentang Proses Perencanaan Pembangunan Bidang Kesehatan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur)Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan merupakan suatu usaha untuk mewujudkan pertumbuhan, dan perubahan, secara terencana dan dilaksanakan secara sadar oleh suatu negara atau bangsa menuju modernitas dalam rangka pembinaan Bangsa( National Build) .Tujuan dari pembangunan nasional adalah menanggulangi kesenjangan,mempersiapkan kompetisi global,dan menjaga keseimbangan hidup bangsa dengan pola pembangunan untuk rakyat,oleh rakyat, sesuai dengan aspirasi rakyat. Dalam melaksanakan pembangunan memerlukan perencanan yang matang,salah satunya adalah perencanaan pelayanan pada bidang kesehatan.Karena pelayanan kesehatan merupakan pelayanan publik yang saat ini banyak menjadi sorotan,Hal ini diakibatkan oleh kebutuhan dan kesadaran masyarakat dibidang kesehatan yang semakin meningkat, namun hal tersebut tidak disertai dengan manajemen pelayana kesehatan yang baik oleh pemerintah dan aparat pendukung.Karna bidang kesehatan adalah salah satu bidang pelayanan publik yang pelayanannya cukup mengecewakan,hal ini disebabkan dengan banyaknya masyarakat miskin yang tidak mendapatkan akses kesehatan yang layak. Bertolak dari hal tersebut,Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan pembangunan bidang kesehatan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dengan menggunakan pendekatan Kualitatif.Lokasi penelitian ini adalah Kabupaten Lombok Timur dengan situs Kantor Dinas Kesehatan (DIKES) Kabupaten Lombok Timur.Untuk mengumpulkan data peneliti menggunaka teknik Wawancara,Dokumentasi dan Observasi.Adapun fokus dari penelitian ini adalah:1)Proses perencanaan pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan di Puskesmas.2)Proses perencanaan dalam penyediaan sarana kesehatan.3)Faktor pendukung proses perencanaan pembangunan.4)Faktor penghambat proses perencanaan pembangunan bidang kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur. Hasil Dari penelitian yang telah peneliti lakukan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, memperlihatkan bahwa proses perencanaan pembangunan dibidang kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur,Khusunya pada perencanaan pembangunan sarana dan prasarana berupa pembangunan fisik masih terdapat banyak kekurangan pembangunan sarana berupa pembangunan seperti Puskesmas Pembantu( Pustu ) dan Pondok Bersalin Desa(Polindes).

English Abstract

The development effort to realize growth and change that planned and consciously conducted by a state or nation toward the modernization. The objective ofnational development may be to eradicate the gap, to prepare for global competition, and to maintain the national life balance adjusting to public development patern,by people with people aspiration. However, the success of national developmentmust be determined by local healt office. Development implementation, therefore,needs a mature planning. One relates to a service constitutes a currently attended public service. This becomes evident due to the increasing demand and public awarenes for health. Both seem inbalanced wich favorable health service in wich the poor finds difficulty ta have reliable health acces. Considering this matter, research attempts to examine the development planning process in the health field at local Health Office of East Lombok Regency. Research submits to descriptive study using qualitative approach. The side of East Lombok Regency, especially in the Health Official Office (DIKES) for East Lombok Regency. Data collection employs interview, documentation,and observation Research focuses on: (1) the planning procces of health service by health office into community health center; (2) the planning process for health structure provisioning; (3) factor supporting the development planning process; (4) factor constraining the development planning procces local Health Office of East Lombok Regency. Results of research indicate that the development planning process in the health field at East Lombok Regency appears realized through the planning of structure and infrastructure, such as physical construction, but those still requires further structure construction such as pustu and polindes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/4/050900391
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2009 08:29
Last Modified: 24 Oct 2021 04:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114263
[thumbnail of 050900391.pdf]
Preview
Text
050900391.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item